SISTEM INFORMASI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Serli Purnamasari
Keywords: Sistem Informasi, PHP, MySQL, DPRD, Kegiatan

Abstract

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagai lembaga legistlatif yang dimana kegiatan utamanya menghimpun aspirasi rakyat dan dimana tempat dibuatnya peraturan dan perundangan di daerah tersebut berdiri. DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dalam penyampaian informasi maupun kegiatan serta program kerja yang dilakukan oleh anggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi selama ini hanya dilakukan lewat media sosial maupun media informasi lainnya yang dilakukan hanya beberapa kali saja, sehingga masyarakat sekitar Kabupaten Kuantan Singingi kurang menyerap informasi-informasi yang ada di Kantor DPRD Kabupaten Kuantan Singingi. Hasil dari penelitian ini yaitu membuat sistem informasi yang dapat membantu DPRD Kabupaten Kuantan Singingi untuk menyebar luasakan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan tiap bulannya, memudahkan bagian sekretariat dalam pembuatan laporan penjadwalan kegiatan, serta memudahkan masyarakat untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DPRD Kaupaten Kuantan Singingi.

References

A.S Rosa , dan M.Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Abdul Kadir, 2003, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Andi, Yogyakarta.

I Dewa Gede Budiastawa, dan A. A. I. Ngr. Ea Karyawati. 2018. Pengembangan Sistem Arsip Dokumen Keuangan (SIMARKU) Sekretariat DPRD Kabupaten Gianyar. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana p-ISSN: 2301-5373 Volume 7, No 2. November 2018 e-ISSN: 2654-5101.

Marshall. 2015. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Selemba Empat : Jakarta.

Muhamad Imam. 2017. Perancangan Sistem Informasi Dokumentasi Rapat Dewan Berbasis Web Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP DAN MySQL Di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat. Skripsi Manajemen Informatika. Politeknik Piksi Ganesha Bandung.

Muhidin A. Perancangan Sistem Informasi Produk Hasil Repair Pada PT. JVC Kenwood Elektronik Indonesia.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nopriandi, H. (2018). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Dalam Penetapan Tenaga Kependidikan Berprestasi,Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 45-54.

Savitri P, Amaliah IS. Rancang Bangun Sistem Perjalanan Dinas Sekretariat Dprd Provinsi Jawa Barat. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika. 2017 Jun 1;2(1).

Syam, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi. IT Journal Research And Development, 2(2), 45-51.

Oliviani, T., & Al-Hafiz, N. W. (2017). Sistem Informasi Lowongan Pekerjaan di Wilayah Kabupaten Kuantan Singingi BERBASIS WEB. Majalah Ilmiah Inti (Informasi dan Teknologi Ilmiah), 12(2).
Published
2020-12-29