PREDIKSI PENYEDIAAN SPAREPART KENDARAAN RODA DUA DENGAN METODE NAIVE BAYES (STUDI KASUS : TOKO DEWI MOTOR)

  • Siska Delima
Keywords: Data mining, Naive Bayes, Sparepart

Abstract

Sparepart adalah suatu barang yang terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan mempunyai fungsi tertentu. Perkembangan yang begitu cepat dengan tingkat persaingan yang semakin  berat mengarahkan setiap Industri harus memandang ke depan dalam menentukan langkahnya dan bagaimana usaha dan cara untuk mencapainya. Oleh sebab itu,  Strategi penjualan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis untuk dapat  meningkatkan nilai penjualan. Salah satunya ialah dibutuhkan suatu ketersediaan  stok sparepart yang cukup untuk bisa men- Supplay banyaknya minat konsumen yang  ingin membeli produk tersebut.Mencermati kondisi yang terjadi pada instansi toko dewi motor selama  ini, masih terdapat masalah dalam penyetokan sparepart yang berupa barang.  Diantaranya adalah masih sering terjadi kehabisan stok sebelum waktu yang sudah ditentukan yaitu selama satu Bulan.. Metode  Bayes merupakan komponen dasar yang digunakan dalam  implementasi pembuatan perangkat lunak yang terdapat dalam sistem operasi.  Dalam penelitian ini akan menguji keakuratan dari Metode Bayes dalam  penyetokan sparepart, adapun cara pengujian nya adalah dengan membandingkan antara tingkat keakuratan antara proses perhitungan manual dengan  proses perhitungan menggunakan metode  Bayes sama atau tidak.

References

Alfina, Susantosa, Barakbah. (2012). “Implementasi K-Means Clustering Pada Terjemahan”.

Indar Griha Tofik Isa dan George Prihartawan. (2017). “Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan pinjam Berbasis Web( Studi Kasus Koprasi Mitra setia)”.

Jasri, Dodi Siregar, dan Robbi Rahim. (2017). “Decision Support System Best Employee Assessment with Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution, International Journal Of Recent Trends in Engineering & Research”, Vol, 1, No. 3:6-17

Manikam R M dan Yanuar M Y. (2017). “Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Simple Multi Attribute Rating Technique ( Studi kasus pada SMA Yuppentek 1 Tanggerang)”.

Nurani, Susanti & Proboyekti. (2007). “Klasifikasi Judul Tugas Akhir dengan Metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dan TF-IDF Untuk Menentukan Dosen Pembimbing Dan Penguji Tugas Akhir”.

Saleh Alfa. (2015). “Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Pengguna Listrik Rumah Tangga,Universitas Potensi Utama”.
Published
2020-12-29