SISTEM INFORMASI PEMBERIAN DANA BANTUAN PADA MASYARAKAT KURANG MAMPU PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DINAS SOSIAL, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Sonya Lerisa
Keywords: Sistem Informasi, Sistem, PKH, Bantuan

Abstract

Selama ini Program Keluarga Harapan (PKH) bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan transfer dana dengan syarat rumah tangga atau keluarga yang menjadi penerima. Selama ini Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kuantan Singingi dalam pemberian informasi tentang dana PKH tidak publish dengan baik sehingga masyarakat tidak mengetahui berapa besaran daya yang akan mereka peroleh dari program ini, selain itu pendaping PKH dalam pendataan keluarga yang akan mendapat bantuan masih melakukan cara manual. Hasil dari penelitian ini menciptakan Sistem Informasi yang dapat memberikan informasi tentang penerima dana PKH dan usulan PKH sehingga dapat dilihat oleh masyarakat. Pada sistem ini juga dapat memudahkan pekerjaan para pendamping dalam pembuatan laporan para peserta yang disusulkan dalam program keluarga harapan. Sistem ini dapat memberikan beberapa kelebihan dibandingkan dengan sistem yang sedang berjalan saat ini, dimana informasi tentang Program Keluarga Harapan dapat di publish dengan baik.

References

A.S Rosa , dan M.Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Dedy Utomo, Abdul Hakim, Heru Ribawanto. 2010. Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin. Vol. 2, No. 1.

Diana Fatmawati, dkk. 2016. Sistem Pengambilan Keputusan Kelayakan Bagi Calon Penerima Dana Bantuan Masyarakat Miskin Menggunakan Metode Topsis Berbasis WEB. Universitas Merdeka Pasuruan. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol.1, No.1 Maret 2016. ISSN. 2502-5716.

Egia Rosi Subhiyakto, dan Nabila Safina. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan. Universitas Dian Nuswantoro. P-ISSN : 2303-3142 E-ISSN : 2548-8570 Vol. 6, No. 1, April 2017.

E. Purba, “Peranan Teknologi Informasi Dalam Mengefektifkan Keputusan Pemberian Dana Corporate Social Responsibilty (CSR),” Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 3, pp. 69–75, 2018.

Ni Kadek Sukerti. 2014. Sistem Penunjang Keputusan Penerima Bantuan Desa Di Kecamatan Klungkung Dengan Metode SAW. STIKOM Bali. Jurnal Informatika, Vol. 14, No. 1, Bulan Juni 2014.

Purwanto SA, Sumartono, Makmur M. 2013. Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Memutus Rantai Kemiskinan (Kajian Di Kecematan Mojosari Kabupaten Mojokerto). Jurnal Wacana. 16(02):79-96.

Syahputra Adisanjaya Suleman, Risna Resnawaty. 2017. Program Keluarga Harapan (PKH) : Antara Perlindungan Sosial Dan Pengentasan Kemiskinan. Vol 4, No 1 2017.

Syarip Hidayat. 2018. Optimalisasi Program Keluarga Harapan (PKH): meliputi Partisipasi, Pemberdayaan, dan Kinerja Program Keluarga Harapan di Kecamatan Pulau Panggung. 14 Agustus 2018
Published
2020-12-29