PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEWA LAPAK DAN KIOS PADA PASAR TRADISIONAL BERBASIS MODERN TALUK KUANTAN

  • Sulespiana Yohani
Keywords: Sistem Informasi, Pasar Tradisional, Lapak

Abstract

Dalam transaksi penyewaan kios dan los kita melihat pembayaran dan penyerahan uang maupun barang tidak dilakukan dengan komputer atau untuk pengolahan datanya masih menggunakan sistem manual, padahal sistem pengolahan data yang dilakukan secara manual kurang efektif dan efisien. Mulai dari cukup lamanya waktu yang diperlukan untuk menulis data, memperbaiki kesalahan penyusunan serta penghitungan sampai pada pembuatan laporan. Untuk pencatatan datanya hanya menggunakan catatan dan untuk bukti transaksi hanya menggunakan kwitansi. Penyimpanan data dengan cara ini sangatlah kurang efektif dalam penggunaan waktu karena interface yang tidak memadai dan dari sisi keamanan datanya tidak bagus. Untuk menambah akurasi data dan meminimalkan kesalahan dalam proses transaksi maka sistem yang masih secara manual perlu diganti dengan sistem yang terkomputerisasi. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dan memaksimalkan kinerja serta akurasi dari sebuah transaksi.Berdasarkan latar belakang diatas penulis berkeinginan untuk membuat sebuah solusi dengan membuat sebuah perancangan sistem yang akan dituangkan dalam sebuah tulisan karya ilmiah yang akan diberi judul “Perancangan Sistem Informasi Sewa Lapak dan Kios Pada Pasar Tradisional Berbasis Modern Taluk Kuantan”. Dimana nantinya sistem ini diharapkan dapat memudahkan petugas untuk mengolah data data keuangan maupun dokumen tentang pedagang yangmenyewalapak dan kios dipasar tradisional berbasis modern taluk kuantan.

References

Astuti, P. D. (2013). Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari. Speed-Indonesian Journal on Computer Science, 10(1).

Baraja, A. (2010). Implementasi Sistem Informasi Akademik Di Universitas Surakarta. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 1(2).

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

https://id.wikipedia.org/wiki/Obat_tradisional (14 Juni 2019)

Ramadhani, S., Urifatun, A., & Masruro, S. T. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL. Jurnal Teknika, 5(2).

Rumambi, T., & Darmastuti, D. Aplikasi Mobile Informasi Tanaman Herbal Sebagai Alternatif Pengobatan Alami Berbasis Android.

Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14(1).

Tim Panduan Skripsi Prodi Teknik Informatika-UNIKS, (2019). Buku Panduan Skripsi.Program Studi Teknik Informatika-UNIKS.

Wulandari, Z., Ugiarto, M., & Hairah, U. (2017, March). Sistem Informasi Obat-Obatan Herbal. In Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi) (Vol. 2, No. 1, pp. 227-234).
Published
2020-12-29