SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN BUAH NAGA BERBASIS WEB DI DESA BERINGIN TALUK

  • Syahdatul Hukmi
Keywords: Sistem Pakar, Forward Chaining, Informasi, Web

Abstract

Tanaman buah naga merupakan tanaman yang memiliki manfaat yang banyak. Daerah Beringin Taluk kini menjadi sentra penghasil buah naga komoditi alternatif yang keuntungannya bisa melampaui komoditi pertanian lainnya. Bagi para petani pemula kesulitan mencari informasi yang akurat tentang budidaya dan permasalahan pada buah naga. Sehingga perlu adanya solusi dalam mengatasi masalah petani tanaman buah naga khususnya di daerah Beringin Taluk. Oleh karena itu dilakukanlah sebuah penelitian yang menghasilkan sistem pakar guna menambah pengetahuan kepada para petani sebagai bahan referensi untuk menentukan kemungkinan penyakit tanaman buah naga beserta solusinya

References

Asropudin, 2013.Dasar Pemrograman Web PHP-MYSQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi Mayang Sari. 2012. Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Buah Naga Menggunakan Metode Dempster Shafer. Laporan Kerja Tugas Akhir. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Dianni Yusuf, dkk. 2017. Pengembangan Sistem Diagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Berbasis Web Sebagai Sarana Informasi Dan Upaya Peningkatan Produksi Buah Naga. Seminar Nasional Sistem Informasi 2017, 14 September 2017 Fakultas Teknologi Informasi – UNMER Malang.

Hendrayudi, 2012.Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

Krismaji, (2015), Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Keempat, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Reni Wijayanti, dan Sri Winiarti. 2013. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Buah-Buahan Pascapanen. Jurnal Sarjana Teknik Informatika e-ISSN: 2338-5197. Volume 1 Nomor 1, Juni 2013.

Romney, Marshall B. dan Steinbart, (2015), “Sistem Informasi Akuntansi”, Edisi 13, alihbahasa: Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari, Salemba Empat, Jakarta.

Rosa AS dan M.Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung : INFORMATIKA.

Windah Supartini dan Hindarto. 2016. Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosis Dini Penyakit Tuberkulosis di JawaTimur. Jurnal KINETIK, Vol.1, No.3, 2016, November Hal. 147-154.
Published
2020-12-29