PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI MASJID BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : KECAMATAN KUANTAN TENGAH KAB. KUANTAN SINGINGI)

  • Tesiya Aswir Reza
Keywords: Sistem, Informasi, Pemetaan, Lokasi, Masjid, Android

Abstract

Telepon pintar (smartphone) menjadikan perubahan yang sangat drastis terjadi dalam aspek sosial. Keberadaan informasi yang ada di smartphone lebih akurat dan cepat  sehingga manusia di era digital ini lebih memilih segala sesuatunya dengan smartphone. Untuk mengikuti perkembangan yang seperti ini adanya keinginan memberikan informasi tentang mesjid-mesjid sekitar yang lebih lengkap. Di kabupaten kuantan singingi khusus nya di Kec. Kuantan Tengah untuk pemberitahuan informasi masjid Kuantan singing merupakan daerah yang memiliki event yang sudah memiliki jadwalnya sendiri di kalender nasional, event tersebut dinamakan event pacu jalur. Dimana setiap orang yang ada di daerah Kuansing dan jug daerah luar selain kuansing turut ikut meramaikan event pacu jalur ini. , saat event pacu tersebut masyarakat sekitar dan masyarakat luar berkumpul di satu tempat. Saat ingin melakukan sholat, masyarakat akan sibuk mencari lokasi masjid, dengan bertanya dan itu akan memakan waktu. penulis merancang suatu aplikasi yang berjudul “Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Lokasi Masjid Berbasis Android Studi Kasus Kec.Kuantan Tengah dengan bermaksud mengkaji lebih dalam mengenai sistem informasi khususnya yang berhubungan dengan sistem informasi geografis lokasi pemetaan masjid.

References

Abbas, Irfan. 2017. “Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile Android Untuk Pemetaan Lokasi Pengrajin Kerajinan Tangan Khas Gorontalo”. Jurnal Informatika Upgris Vol. 3, No. 2, (2017),1-10.

Alfeno, Sandro. Ririn Eka Cipta Devi2 “Implementasi Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LSB) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek” Jurnal Sisfotek Global. ISSN : 2088 – 1762 Vol. 7 No. 2, September 2017.

Ibrahim, S. (2014). “Sistem Informasi geografis letak industri dan toko kerajinan tangan provinsi Gorontalo”. Gorontalo: STMIK Ichsan.

Kurniawan, Syamsul. 2014. “Masjid Dalam Lintasan Sejarah Umat Islam” Jurnal Khatulistiwa – Journal of Islamic Studies. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Volume 4 Nomor 2 September 2014.

Maiyana, Efmi. 2018 “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa” Jurnal Sains Dan Informatika Research Of Science And Informatic V4.I1 (54-67 E-Issn : 2502-096 x P-Issn :2459-9549, (2018), 1-14.
Published
2020-12-29