SISTEM INFORMASI PENGINGAT JADWAL IMUNISASI ANAK DAN IBU HAMIL PADA POSYANDU DESA SUNGAI PAKU BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

  • Wisda Liani
Keywords: Imunisasi, SMS Gateway, Web

Abstract

Imunisasi adalah hal yang penting bagi anak dan ibu hamil, tetapi terkadang banyak anak para ibu akan melupakan jadwal imunisasi bayi mereka dan jenis imunisasi apa yang akan dilakukan untuk imunisasi. Tidak adanya pengingat untuk jadwal imunisasi anakĀ  dan ibu hamil akan menjadi hambatan, sehingga dalam imunisasi anak dan ibu hamil bisa menjadi hambatan bagi pemberian imunisasi. Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba membuat aplikasi untuk imunisasi anak dan ibu hamil. pengingat waktu dengan memanfaatkan SMS Gateway Dalam pembuatan aplikasi ini, saya menggunakan Web sebagai perangkat lunak untuk membangun aplikasi. Dengan aplikasi pengingat waktu imunisasi diharapkan dapat membantu anak dan ibu hamil untuk jadwal imunisasiĀ  sehingga pengingat jadwal imunisasi dapat berjalan secara efektif.

References

Chusyairi A, Nur T, Haryanto D. 2018.Sistem Informasi Jadwal Imunisasi Bayi dan Balita Berbasis Sms Gateway. Vol. XIII Nomor 1 Maret 2018- Jurnal Teknologi Informasi: Jawa Timur

Havaso, A. T., Mulyadi, M., & Suratno, E. (2019). Aplikasi Pengingat Jadwal Imunisasi Pada Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi Berbasis Android. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 2(2), 60-65.

Nopriandi H. Perancangan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa. Jurnal Teknologi Dan Open Source. 2018 Oct 13;1(1):73-9.

Nuraeni A. 2011. Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi di Puskesmas, Kekhususan Keperawatan Komunitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia : Jakarta.

Nurlaela, F. (2013). Aplikasi SMS Gateway Sebagai Sarana Penunjang Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjosari. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2(4).

Perdana, R. C. V. (2016). Pengembangan Dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Rapat Berbasis Web Menggunakan SMS GATEWAY Di SMK YPKK 1 SLEMAN. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, 5(7).

Retnani, M. N. N. (2014). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pengingat Waktu Imunisasi Pada Bayi Di Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta. Skripsi Sarjana Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, Yogyakarta.

Shodikun, Ahmad, and Elgamar Syam. "Pembangunan SMS GATEWAY Hasil Pemeriksaan Ujian Sekolah Berbasis Web Pada MA Bahrul Ulum Singingi." Jurnal Teknologi Dan Open Source 1.2 (2018): 1-12.

Sholihah N, Kusumadewi S. 2015.Sistem Informasi Posyandu Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal. Prosiding SNATIF Ke-2 Tahun 2015: Yogyakarta

Syam E. Rancang Bangun Sistem Informasi Rumah Kost Dan Kontrakan Teluk Kuantan. Jurnal Teknologi Dan Open Source. 2018 Oct 13;1(1):1-7.
Published
2020-12-29