ANALISIS TARIF ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN WILLINGNESS TO PAY (Studi Kasus : Angkutan Umum Trayek Teluk Kuantan – Pekanbaru)

  • Ropika Ropika
Keywords: Angkutan Umum, BOK, WTP

Abstract

Transportasi darat khususnya angkutan umum perkotaan yang berada di kota-kota besar sangatlah penting keberadaannya dalam menjalankan salah satu fungsi utamanya yaitu sebagai pengangkut pergerakan masyarakat untuk mengerjakan aktivitas sehari-harinya dimana pelayanan diharapkan dilakukan secara cepat, aman, nyaman, murah dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisisis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan kemauan membayar/Willingness To Pay (WTP). Pengumpulan data dengan survei langsung kelapangan untuk melakukan wawancara dengan pemilik kendaraan dan penyebaran kuisioner pada penumpang untuk mengetahui tingkat kemauan penumpang dalam membayar tarif.  Hasil dari penelitian ini adalah besaran tarif berdasarkan BOK sebesar Rp.36.323,68, berdasarkan WTP sebesar Rp. 44.583,33 untuk hari kerja kategori umum dan sebesar Rp. 45.000 untuk kategori pelajar, sedangkan pada hari libur untuk kategori umum sebesar Rp. 52.023,81 dan untuk kategori pelajar sebesar Rp.49.000. Hal ini berarti kemauan membayar penumpang di bawah tarif yang berlaku yaitu sebesar Rp. 60.000 untuk kategori umum maupun pelajar. Hal ini bisa terjadi karena jenis pekerjaan yang berpengaruh pada penghasilan dan keperluan penumpang. Tarif yang berlaku untuk penumpang saat ini lebih tinggi dibandingkan dengan tarif berdasarkan BOK dan WTP. Hal ini akan berpengaruh pada minat penumpang dalam penggunaan angkutan umum.

References

Firdausy Ilham Romadhon Dkk, 2017. Kajian Tarif Dan Pelayanan Bus Dalam Kota Surabaya Kelas Ekonomi Non Tol Trayek Purabaya-Osowilangon.

John H. Frans,Dkk, 2016. Kajian Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Bok), Ability To Pay (Atp) Dan Willingness To Pay (Wtp) Di Kabupaten TTS.

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : SK.687/AJ.206/DRJD/2002, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum Di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap Dan Teratur, Departemen Perhubungan RI . Di Rektorat Jenderal Perhubungan Darat.

Margareth E. Bolla, Dkk, 2015. Analisa Kelayakan Tarif Angkutan Umum Dalam Kota Kupang. Kupang.

Sandy Prasetya, Dkk, 2015. Evaluasi Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Bok), Ability To Pay (Atp) Dan Willingness To Pay (Wtp) ( Studi Kasus Po. Wahyu Trayek Sukoharjo – Kartasura Di Sukoharjo ).

Sekar Arum dan Samin, 2014. Analisa Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, ATP Dan WTP.

Walsen Selviana, 2014. Kajian Biaya Operasional Kendaraan Umum Jalur Terminal Mardika – Air Salobar Di Kota Ambon. Ambon.

Yuniarti Taty, 2009. Analisis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay Dan Willingness To Pay (Studi Kasus Po Atmo Trayek Palur – Kartasura. Surakarta.
Published
2018-07-09