ANALISA BIAYA INVESTASI DAN BIAYA PEMELIHARAAN ANTARA PERKERASAN KAKU DENGAN PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN TUANKU TAMBUSAI, TELUK KUANTAN

  • Rhido Putra
Keywords: Analisa Biaya, Perkerasan Kaku, Perkerasan Lentur

Abstract

Dalam berbagai proyek konstruksi jalan raya, perkerasan kaku dan perkerasan lentur ini telah banyak di gunakan. Untuk biaya konstruksi perkerasan lentur memang lebih murah dari pada biaya konstruksi perkerasan kaku, akan tetapi dalam jangka umur rencana yang sama konstruksi mana yang lebih ekonomis dan efisien. Oleh karena itu penelitian ini untuk mengetahui biaya yang ekonomis untuk konstruksi perkerasan kaku dan perkerasan lentur. Dengan melakukan proses pengolahan data baik itu data primer dan data sekunder yang kemudian dilakukan analisa terhadap biaya konstruksi, pemeliharaan dan investasi untuk masing-masing jenis perkerasan kaku dan perkerasan lentur. Sehingga nantinya menghasilkan suatu perbandingan biaya antara perkerasan kaku dan perkerasan lentur yang dapat menjadi acuan untuk mengetahui jenis perkerasan yang efektif dan efisien yang sebaiknya digunakan untuk Ruas Jalan Tuanku Tambusai, Teluk Kuantan.

References

Prahara, Eduardi, 2012, Perencanaan Dan Analisa Biaya Investasi Antara Perkerasan Kaku

Dengan Perkerasan Lentur Pada Jalur Trans Jakarta Busway, Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Binus University.

Ditjen Bina Marga., 1995, Panduan Analisa Harga Satuan, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Sukirman Silvia, 1999, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik, Nova, Bandung

Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan, 1985, Petunjuk Perencanaan Perkerasan Kaku, Badan Penelitian dan Pengembangan PU, Bandung

Departemen Pekerjaan Umum, 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen. Jakarta : Yayasan badan Penerbit PU.
Published
2018-07-09