SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PEMETAAN BENGKEL SEPEDA MOTOR DI JALAN LINTAS KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Deko Anggara
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Bengkel, Web

Abstract

Bengkel merupakan sebuah bangunan yang menyediakan ruang dan perlatan untuk melakuakan kontruksi atau manufaktur, dan/atau memperbaiki benda. Bengkel motor adalah tempat dimana kendaraan bermotor diperbaiki oleh teknisi atau tenaga mekanik, bengkel motor juga merupakan usaha atau bisnis primadona saat ini. Ketersediaan informasi yang terbatas mengenai lokasi tempat bengkel motor menyebabkan masyarakat cenderung tidak memiliki informasi yang akurat dan relevan sehingga tidak mengetahui lokasi mana yang memiliki tempat bengkel motor. Terlebih lagi ketika masyarakat dari luar Kabupaten yang melakukan perjalanan melewati kabupaten kuantan singingi mengalami kerusakan motor, yang tidak tahu informasi dimana lokasi bengkel terdekat. Tujuan penelitian menghasilkan sistem informasi geografis berbasis web mengenai informasi lokasi tempat bengkel kendaraan bermotor di sepanjang jalan lintas sumatera di Kabupaten Kuantan Singingi. Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor maka juga di perlukan bengkel untuk memperbaiki sepeda motor apabila mengalami kerusakan. Dengan adanya sistem informasi pemetaan bengkel masyarakat lebih mudah dalam mencari lokasi bengkel di jalan lintas Kabupaten Kuantan Singingi dan mempermudah masyarakat yang melewati jalan lintas di Kabupaten Kuantan Singingi untuk mencari bengkel mana yang menyediakan layanan yang mereka butuhkan.

References

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Dharwiyanti, S., & Wahono, R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). Ilmu Komputer, 1-13.

Eddis Syahputra Pane, Harianja, & Muhammad Sadar. (2016). The Geographical Information System (GIS) a Residency Students Smart Fast Education in The City of Pekanbaru with Web-Based. State University of Padang. Agustus 2016. ISBN : 978-602-74864-1-6.

Hartono, R., & Habiby, M. E. (2017). Sistem Informasi Geografis Tempat Tinggal Penduduk Berbasis Web. Jikom: Jurnal Informatika dan Komputer, 7(2), 47-56.

Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). SamariJnda: Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 6 No. 1, Februari 2011.

Hermawan, Ading., & Yuniar Supardi. (2019). Semua Bisa Menjadi Progammer Codeigniter Basic. Jakarta

Kosasi, S. (2014). Sistem informasi geografis pemetaan tempat kost berbasis web. CSRID” ISSN, 2085, 1367

Laudon, Kenneth C., dan Jane P. Laudon, (2012). Management System: Managing the Digital Firm Twelfth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Maulana, Fajri. 2014. Analisis Proses Berpikir Siswa Menggunakan Math Exemplars Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Di Kelas VIIF SMP N 4 JEMBER. Universitas Jember.

Mcleod, Raymod.2010.Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

O’Brien dan Marakas, 2010. Management System Information. McGraw Hill, New York.

Setiawan Iwan. (2010). Dasar – Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung : Buana Nusantara Press.

Suryani, S., Sasongko, P. S., & Suharto, E. (2011). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Tingkat Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Kota Serang. Jurnal Masyarakat Informatika, 2(3), 39-50.

William dan Sawyer. 2007.Using Information Technologi.Yogyakarta:Andi
Published
2021-07-03