RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DANA BUMDES DI KECAMATAN KUANTAN HIILIR SEBERANG BERBASIS ANDROID ( STUDI KASUS BUMDES SEI. SORIK )

  • Elis Mawati
Keywords: Dana BUMDes, Sistem Pengelolaan, Android

Abstract

BUMDes adalah badan usaha milik desa yang dibentuk atau didirikan oleh pemerintah desa yang kepemilikan modal dan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat.Pembentukan BUMDes dimaksudkan untuk mendorong potenai desa potensi ekonomi desa dalam rangka peningkatan pendapatan desa dan masyarakat. Permasalahan  yang terjadi saat ini khususnya di desa Sei.Sorik yaitu belum adanya  aplikasi atau sistem informasi yang dapat mengolah dana atau keuangan BUMDes secara integrasi yang menyebabkan warga kesulitan dan masih mengunakan cara manual sehingga pendataan menjadi kurang terorganisir dan beresiko kehilangan berkas atau file untuk pengelolaan dana atau keuangan BUMDes. Metodolodi penelitian yang digunakan yaitu metode waterfall .Pembangunan sistem informasi ini menggunakan bahasa UML (unifed modelling language) dan database MySQL. Dengan dibuatnya sistem informasi pengelolaan dana BUMDes bertujuan untuk pengelolaan dana dalam penyelenggaraan dan pengelolaan BUMDes menjadi lebih efektif tertata dan terstruktur sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih efektip dan terkelola dengan baik.Pengelolaan dana tersebut menyangkut hal pembentukan BUMDes serta pengelolaannya oleh masyarakat yang dilaporkan kepada kepala desa Sei. Sorik dengan membangun sistem berbasis Android.

References

Agustina Simangunsong (2018).” Sistem infrmasi pengarsipan dokumen berbasis web “jurnal Mantik penusa, vol. 2, no, 1 .e-ISSN 2580-978-602-1180-86-0.

Astria Firman, Hans f, wowor, xaverius najoan (2016)” sistem informasi perpustakaan online berbasis web”. E-journal teknik eloktro dan komputer vol.5 no.2,ISSN:2301-8402.

Liow ,Happy, Florence D.J.Lengkong, Dan Novie palar. 2015 Implementasi kebijakan Pengelolaan badan Usaha Milik Desa Tongdegesan kecamatan kawangkoan.

Ni kadek Diah Chandra Kartika, Ni Kadek sinarwati,SE,M.Si.Ak.,Made Ari Wahyuni,SE. 2016 Efektivitas Pengelolaan Dana Pada Badan Usaha Milik Desa Kerta Danu Mandara Di Desa Songan A

Ramadana, Coristya Berlin, Heru Ribawanto, dan Suwondo.2013.Keberadaan badan usaha Milik Desa (BUM Des) Sebagai Penguatan Ekonomi Desa (Studi Desa Landungsari,Kecamatan Dau,Kabupaten Malang).

Tarmin abdulghani,Tedi solehudin. 2018 Sistem Informasi Pengelolaan Administeratif Dan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berbasis Client Server Studi Kasus Di Desa Sindangasih Kecamatan KarangTengah.

Valentine Queen Cintary dan Asih Widi Lestari. 2016 Peran Pemerintah Desa Dalam pengelolaan Badan usaha Milik (BUMDes)
Published
2021-07-03