PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN ARITMATIKA ALJABAR TILES (KOTAK) BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS : MTS AL-IKHLAS PERANAP)

  • Elsa Selvira
Keywords: Matematika, Pembelajaran Aritmatika, UML

Abstract

Mts Al-Ikhlas Peranap bertempat  Desa Gumanti Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu, dimana untuk pembelajaran matematuka para guru di sekolah tersebut masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional. Sehingga membuat para siswa cepat jenuh dan lemah nya daya tangkap pelajaran bagi siswa, padahal pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat penting bagi siswa, melalui pelajaran ini akan menyemangatkan siswa sehingga membentuk siswa atau generasi bangsa yang cerdas. Untuk memotivasi semangat serta meningkatkan daya tangkap siswa untuk pelajaran matematika ini, maka dari itu perlu adanya metode yang lain dari biasanya, yaitu menggunakan alat bantu pembelajaran yang berbasis multimedia, yang akan menjadi sebuah aplikasi pembelajaran. Aplikasi ini menggunakan alat bantu UML ( Unified Modelling Langunge ) dan di rancang menggunakan bahasa pemograman Adobe Flash Professional CS6. Aplikasi pembelajaran aritmatika ini akan membantu siswa dalam meningakat kan daya ingat siswa untuk pelajaran matematika. Sistem kerja aplikasi ini adalah guru akan memberikan materi dan pembelajaran aritmatika yang berkaitan dengan bahan pelajaran matematika tersebut dan siswa mengikuti suatu tahapan dalam pelajaran aritmatika.

References

Agustama Meca., dan Handayaningsih Sri. 2014. “Jurnal Sarjana Teknik Informatika”. Media Pembelajaran Algoritma Garis Dan Lingkaran Berbasis Multimedia. Vol. 2, No. 1 : 1051 – 1060.

Albar Dina Ahsanti., Buchori Achmad., dan Murtianto Yanuar Hery.2017. “Journal of Mathematics Education, Science and Technology”. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa. Vol. 2, No. 2 : 57 – 66.

Dwiputra Romy., dan Pujiyanta Ardi. 2014. “Jurnal Sarjana Teknik Informatika”. Media Pembelajaran Matrik Transformasi Berbasis Multimedia. Vol. 2, No. 1 : 937-946.

Fahri., dan Riadi Imam. 2013. “Jurnal Sarjana Teknik Informatika”. Media Pembelajaran Aritmatika Komputer (Studi Kasus Materi Konversi Bilangan). Vol. 1, No. 1 : 191 – 200.

Rosyida Susy.2017. “ Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa”. Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah. Vol.III, No. 1 : 17 - 23.
Published
2021-07-03