RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS ANDROID ( STUDI KASUS : PUSKESMAS PANGEAN )

  • Ervina Ervina
Keywords: Aplikasi, Sistem Informasi Pendaftaran, Puskesmas Pangean

Abstract

Pendaftaran merupakan hal yang paling penting dilakukan ketika pasien ingin melakukan pengobatan. Pada Puskesmas Pangean proses pendaftaran pasien masih dilakukan secara manual dengan mendatangi langsung loket pendaftaran kemudian mengisi kartu dan form berobat. Karena itu proses pelayanan di tingkat ini harus benar-benar efektif dan efisien, sehingga cita – cita mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dapat diwujudkan. Untuk mewujudkan pelayanan yang efektif dan efisien salah satunya dapat dilakukan dengan cara menerapkan aplikasi berbasis Android. Untuk itu perlu sebuah sistem informasi pendaftaran pasien tanpa harus datang langsung kepuskesmas untuk mendaftar. Di dalam aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pasien untuk daftar berobat ke puskesmas hanya melalui android mereka yang dapat diakses dari mana saja. Dengan adanya aplikasi ini akan lebih mudah dalam melakukan proses pendaftran bagi pasien dan petugas loket dalam mencari data. Aplikasi ini dibuat menggunakan sistem operasi android karena bisa digunakan dengan mudah. 

References

Harianja, H. (2018). Perancangan Aplikasi Rawat Jalan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (Uptd) Kesehatan Benai. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 8-24.

Hendini, Ade. 2016. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Pontianak : Program Studi Manajemen Informatika AMIK “BSI Pontianak”.

Prawiradirjo, Dewa Made Andika Dwi., Kartiko, Bambang Hadi., dan Feoh, Gerson. 2018. Perancangan Sistem Informasirekam Medis Elektronik Rawat Jalan Berbasisweb Diklinik Gigi Bright Smiles Bali. Bali : Fakultas Ilmu Kesehatan Sains dan Teknologi, Universitas Dhyana.

Suprianto, Andi., dan Matsea, Asri Amaliza Fathia. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Pendaftaran Pasien Online Dan Pemeriksaan Dokter Di Klinik Pengobatan Berbasis Web. Jakarta Selatan : Program Studi Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional.

Tominanto. 2015. Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan Klinik. Surakarta : APIKES Citra Medika.

Wijaya, Hendi., dan Sari ,Wellia Shinta. 2015. Rancang Bangun Mobile Commerce Berbasis Android Pada Toko Duta Buku Semarang. Semarang : Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro.

Zulfikar, Rizal Arif., dan Supianto, Ahmad Afif. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile. Malang : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.
Published
2021-07-03