ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA BUMDES DI DESA SEBERANG CENGAR KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Fauziah Yulianti
Keywords: Perancangan, Aplikasi, Sistem Informasi, BUMDes

Abstract

BUMDes adalah sebuah perusahaan yang dikelola oleh masyarakat desa, yang kepengurusanya terpisah dari pemerintah desa. BUMDes dibentuk untuk menggali potensi wirausaha yang ada di desa tersebut. Dengan dikelola oleh warga masyarakat yang mempunyai jiwa wirausaha, diharapkan BUMDes nantinya akan menghasilkan pendapatan asli desa yang diperoleh dari hasil perputaran usaha yang dikelola oleh BUMDes tersebut. Pada era sekarang ini, sudah saatnya warga masyarakat menggali potensi yang ada di desanya masing-masing melalui sarana pembentukan BUMDes. Dan sudah semestinya progam ini didukung oleh pemerintah desa dalam hal ini kepala desa selaku dewan penasehat. BUMDes dalam pengolahan data yang dilakukan adalah upaya dalam pembudidayaan yang berjalan dibidang peternakan yaitu ternak ikan lele dan ternak ayam. Permasalahan yang dihadapi BUMDes di desa Seberang Cengar dalam pengolahan data, seperti data masuk dan data keluar ialah sistem yang lama banyak menghabiskan kertas untuk membuat laporan, serta sulitnya untuk membuat laporan sehingga membutuhkan waktu yang lama. Dari permasalahan ini maka BUMDes Desa Seberang Cengar melakukan kajian Sistem Informasi pengolahan data BUMDes yang merupakan suatu informasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan mengelolah data. Agar memudahkan bagi masyarakat melakukan pengolahan data maka diperlukan sebuah sistem informasi pengolahan data BUMDes.

References

Abdillah, Willy: Hartono, Jogiyanto. (2015). PLS (Partial Least Square) – Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnis, Yogyakarta: ANDI.

Afifah, W. N. & Harianto, S. 2014. Dampak Negatif Industri Pt. Semen Indonesia Terhadap Masyarakat Desa Temandang. Paradigma, 2(1).

Anom Surya Putra, 2015. Buku 7 Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Davis, Gordon B. 2013. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Palembang: Maxikom.

G. B. Shelly dan J. H. Rosenblatt. System Analysis and Design, NinthEdition. Boston: Course Technology, 2012.

Kadir, A. 2010. Mudah Mempelajari Database MySQL. Andi. Yogyakarta.

nhar (2010). PHP & MySql Secara Otodidak. Jakata: PT. TransMedia.

Sumadi, dkk. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada BUMDes Desa Pekan Tebih Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu).

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Taufiq (2013). Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar, Analisis dan Metode Pengembangan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Valacich, Joseph S., George, Joey F., Hover, Jeffrey A., (2012), “Essentials of Systems Analysis and Design”, Prentice Hall inc., New Jersey.
Published
2021-07-03