SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENYALURAN BERAS BERSUBSIDI (RASKIN) MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

  • Herpi Alexander
Keywords: Raskin, Sistem Pendukung Keputusan, AHP

Abstract

Raskin adalah salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat yang miskin dan rawan pangan, agar mereka mendapatkan beras untuk kebutuhan rumah tangganya. Perum Bulog diinstruksikan untuk menyediakan dan menyalurkan beras bersubsidi bagikelompok masyarakat miskin. Dalam penyaluran beras miskin sering ditemui kendala-kendala, kendalanya bisa dari masyarakat bahkan dari aparaturnya itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pendukung keputusan untuk membantu penentu masyarakat mana yang berhak menerima Raskin tersebut berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Model yang digunakan dalam pengambilan keputusan ini adalah menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk pengolahan datanya yang nantinya informasi yang dihasilkan berguna untuk menentukan calon keluarga mana yang berhak menerima.

References

Mustikowati, D. A. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rumah Tangga Miskin Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(3).

Nugroho, Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak menggunakan UML dan Java. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Shalahuddin, Rosa A.S-M., 2014, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorintasi Objek). Bandung : Modula.

Sholiq. 2010. Analisis Dan Perancangan Berorientasi Obyek. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sunyoto, Danang. 2014. Sistem Informasi Manajemen Perspekif Organisasi. Yogyakarta : CAPS.

Tim Panduan Skripsi Prodi Teknik Informatika UNIKS. (2019) Buku Panduan Skripsi.Teluk Kuantan.
Published
2021-07-03