SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI BENCANA BANJIR DAERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Kori Ari
Keywords: Sistem Informasi, PHP, MySQL, GIS, Bencana, Banjir

Abstract

Kabupaten Kuantan Singingi tercatat memiliki riwayat kerap mengalami bencana banjir, yang merusak infrastruktur dan menelan korban jiwa. Banyak pengaruh atau kerugian-kerugian yang didapatkan akibat dari bencana banjir, hal ini bisa saja disebabkan oleh kurang tanggapnya masyarakat dalam menghadapi bencana banjir yang datang sehingga banyak masyarakat yang tidak tahu harus mengungsi kemana dan akhirnya resiko yang diambil yaitu menetap dirumah yang rawan tergenang banjir. Hasil dari penelitian ini merancang sebuah Sistem Informasi Geografis Lokasi Bencana Banjir Daerah Kabupaten Kuantan Singingi dengan adanya sistem ini dapat memberikan informasi tentang lokasi kawasan banjir yang ada di daerah Kabupaten Kuantan Singingi juga sebagai acuan pemerintah untuk penanganan bencana banjir yang ada di kawasan Kabupaten Kuantan Singngi serta memudahkan pembuatan laporan penyaluran bantuan bencana banjir.

References

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Agus Eka, Pratama. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung : Informatika Bandung.

Al-Hafiz, Nofri Wandi, and Febri Haswan. "Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi." Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) 3.1 (2018): 1-10.

Jogiyanto, 2015. Analisis dan desain sistem informasi. Andy OFFSET. Yogyakarta.

Kurnia Darmawan, dkk. 2017. Analisis Tingkat Kerawanan Banjir Di Kabupaten Sampang Menggunakan Metode Overlay Dengan Scoring Berbasis Sistem Informasi Geografis. Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Geodesi Undip. Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017, (ISSN : 2337-845X).

Rahma Wayan Lestari, dkk. 2016. Sistem Informasi Geografis (SIG) Daerah Rawan Banjir Di Kota Bengkulu Menggunakan Arcview. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu. Jurnal Media Infotama Vol. 12 No. 1, Februari 2016.

Sutanta, 2014. Pengantar Sistem Informasi Geografis, Yogyakarta:Gerhana ilmu.

Sri Melati Sagita. 2016. Sistem Informasi Geografis Bencana Alam Banjir Jakarta Selatan. Universitas Indraprasta PGRI. Faktor Exacta 9(4): 366-376, 2016. p-ISSN: 1979-276X. e- ISSN: 2502-339X.
Published
2021-07-03