SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN DESA SESUAI DENGAN PENGGUNAAN DANA DESA ( STUDI KASUS DESA PULAU INGU KECAMATAN BENAI )

  • Rosi Padli
Keywords: Desa, Pembangunan, Masyarakat

Abstract

Desa Pulau Ingu adalah desa yang salah satunya terletak di Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi sehingga dalam pembangunan desa Pulau Inngu sedang gencar melakukan pembangun sarana dan prasarana desa. Jadi pada desa Pulau Ingu belum memiliki suatu sistem informasi apa saja yang sudah dibangun dan apa lagi yang akan dibangun sehingga desa Pulau Ingu akan memiliki pencapaian untuk melakukan pembangunan dari tahun ke tahun. Jadi masyarakat yang ada pada desa Pulau Ingu bisa mengetahui apa saja yang sudah dibangun oleh perangkat desa sehingga tidak ada lagi tanda tanya kemana saja anggaran desa di gunakan dalam pembangunan yang dilakukan pada desa Pulau Ingu Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Tidak adanya sistem sebagai monitoring perkembangan desa sesuai dengan pengunaan dana desa yang ada. Tidak adanya informasi perkembangan desa sesuai dengan adanya pembangunan desa sehingga masyarakat tidak mengetahui. Belum adanya rekam jejak pembangunan desa yang ada pada desa Pulau Ingu kecamatan benai. Menghasilkan sistem yang terkomputerisasi yang dapat memberikan informasi perkembangan desa Pulau Ingu Kecamatan Benai dari segi pembangunan menggunakan dana desa yang ada. Menghasilkan suatu sistem yang dapat mengolah data perkembangan desa mulai dari pembangunan sarana dan prasarana desa yang berasal dari dana desa sehingga masyarakat yang ada bisa menjadi monotoring dalam pembangunan desa Pulau Ingu Kecamatan Benai. Menghasilkan suatu sistem yang memberikan suatu laporan data pengunaan dana desa dengan maksimal dengan mengurangi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Menghasilkan suatu sistem yang dapat memberikan informasi rekam jejak pembangunan setiap tahunnya dengan mengunakan dana yang dialokasikan untuk pembangunan desa.

References

Badri, M. (2016). Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Pada Gerakan Desa Membangun). Jurnal Dakwah Risalah, 27(2), 62-73.

Ferry Juniardi, Heri Azwansyah (2015). “Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Jalan Desa Di Kabupaten Kapuas Hulu”. Jurnal ELKHA Vol.7, No 1.

Herpendi (2017). “Sistem Informasi Desa di Kecamatan Takisung” Jurnal Sains dan Teknologi, Volume 3, Nomor 2, e-ISSN: 2598-5841

Iswandy, E. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung–Barung Balantai Timur. Jurnal Teknoif, 3(2).

Juniardi, F., & Azwansyah, H. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Jalan Desa Di Kabupaten Kapuas Hulu. ELKHA, 7(1).

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(1), 77-86.

Polii, R. R., Rindengan, Y. D. Y., & Karouw, S. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web Model Government-to-Citizen. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).

Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(1), 76-86.

Rico Renaldi Polii, Yaulie D. Y. Rindengan, Stanley D. S. Karouw (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web Model Government-to-Citizen.

Sihombing, V. (2018). Aplikasi Simade (Sistem Informasi Manajemen Desa) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Kepenghuluan Bakti Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir Riau. Sistemasi, 7(3), 292-297.

Taupik, T., Wikusna, W., & Telnoni, P. A. (2017). Aplikasi Berbasis Web Inventarisasi Aset (studi Kasus: Desa Sukapura). eProceedings of Applied Science, 3(3).

Wulandari, D. P. (2014). Sistem Informasi Manajemen Aset pada Kantor Kecamatan Gubug Kabupaten Gorbogan Berbasis Client Server. None, 1(1).
Published
2021-07-04