SISTEM INFORMASI PENDATAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Sela Erdanis
Keywords: Sistem, UMKM, Database, Informasi

Abstract

UMKM Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Kuantan Singingi setiap tahunnya atau periode tertentu melakukan pendataan dan perkembangan seluruh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi. Pencarian data pada UMKM tertentu cenderung lambat bahkan sulit karena terdiri atas banyaknya Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia (KBLI), jenis komoditi, sektor kegiatan, jenis badan usaha, pengusaha, perusahaan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi, bahkan asset, omset, tenaga kerja, bahan baku, peralatan produksi, produk, dan pemasarannya dari masing-masing perusahaan. Hasil dari penelitian ini yaitu membuat sebuah sistem yang dapat membantu pengolahan data dengan lebih efektif sehingga terhidar dari duplikasi data selain itu sistem pendataan dan pengolahan data rekapitulasi UMKM di Kabupaten Kuantan Singingi memudahkan pegawai dalam pencarian data dan pembuatan laporan.

References

A.S Rosa , dan M.Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan
Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Erudeye. (2015, April 22). Mengenal HTML, PHP DAN MYSQL. Diambil kembali dari Erudeye: www.erudeye.id/blog.

J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: Deepublish, 2015.

M. Yusuf, Herry Mulyono. 2018. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada Asosiasi UMKM Muaro Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol 3. No. 1 Maret 2018.

Marshall B. Rommey, dan Pul John Steinbart, 2015. Sistem INformasi Akuntansi, Edisi 13. Salemba Empat : Jakarta.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nisfu Mahdayani, dkk. 2017. Sistem Informasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Bontang Berbasis Website. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Vol. 2, No. 2, September 2017. e-ISSN 2540-7902 dan p-ISSN 2541-366X.
Published
2021-07-04