PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL BERDASARKAN SASARAN KERJA PEGAWAI DENGAN MODEL WEB BASED APPLICATION (STUDI KASUS : KANTOR DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)

  • Sri Rahayu
Keywords: Sistem, Sistem informasi, Penilaian Kinerja PNS, SKP, Web

Abstract

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi sudah menerapkan proses manajemen penilaian dengan menggunakan SKP. Proses penilaian kinerja dengan SKP di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi masih menggunakan cara manual dengan menggunakan berkas-berkas isian formulir SKP yang dicetak dan dipindah tangankan sesuai prosedur penilaian SKP. Selain proses penilaian yang masih sederhana proses penyusunan SKP tidak disusun sendiri oleh PNS yang bersangkutan melainkan menugaskan salah seorang PNS untuk menyusun seluruh SKP. Proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari masalah tersebut penulis membuat suatu Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Sasaran Kerja Pegawai dengan Model Web Based Application. Perancangan sistem informasi ini bertujuan untuk mempermudah pegawai dalam melakukan Penilaian Kinerja pegawai dan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) agar penilaian dan penyusunan SKP dilakukan dengan proses yang cepat. Metode yang digunakan dalam penilaian kinerja pegawai yaitu menggunakan SKP (Sasaran Kerja Pegawai) sasaran kerja ini merupakan cara baru yang digunakan dalam melakukan penilaian kinerja pegawai. SKP mulai berlaku pada tahun 2014. Metode ini merupakan hasil pengembangan dari metode DP-3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan). Dengan tersistemnya penilaian kinerja pegawai proses penilaian dan penyusunan SKP bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Rancangan sistem ini akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan penilaian prestasi kerja pegawai dan proses pengajuan kenaikan pangkat.

References

Adhawiyah, Yunita., Kumaladewi, Nia., dan Utami, Catur Meinarini, 2017. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Psycological Appraisal (Studi Kasus : Kantor Wilayah Kementerian Agama Dki Jakarta)”. P-ISSN : 1979-0767 : 119-126.

Agustina, Meutia Dwi., Sunarto, M.J. Dewiyani., dan Jatmika, Kurniawan, 2013. “Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian dan Diklat Surabaya”, Jurnal Sistem Informasi Vol.2 No.2. ISSN: 2338-137X : 4-6.

Anjarsari, Nurul., dan Utomo, Prasetyo Andy, 2016. “Aplikasi Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Berbasis Web Pada Dishubkominfo Kudus”, Jurnal Simetris Vol.7 No.1. ISSN: 2252-4983 : 385-390.
Badan Kepegawaian Negara. Tanpa Tahun. Panduan Penyusunan dan Penialaian Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Badan Kepegawaian Negara. 2011. Pedoman Penyusunan dan Penialaian Sasaran Kerja Pegawai di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara.

Firman, Astria., Wowor, F. Hans., dan Najoan, Xaverius, 2016. “Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web”, E-Journal Teknik Elektor dan Komputer, Vol.5, No.2. ISSN : 2301-8402 : 29-36.

Hendini, Ade, 2016. “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak)”, Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vo.4, No.2:107-116.

Hermawan, Rudi., Hidayat, Arief., dan Utomo, Gayuh Victor, 2016. “Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Ganesha Operation Semarang)”, Indonesian Journal on Software Engineering, Vol.2, No.1:31-38.

Nila, Er, “Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Teknik Informatika Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Service Quality (Studi Kasus : Fakultas Teknik - Universitas Islam Kuantan Singingi)”, Skripsi, Universitas Islam Kuantan Singingi, 2018.

Palit, V Randi., Rindengan, D.Y. Yaulie., dan Lumenta, S.M. Arie,2015. “Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang”, E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, Vol.4, No.7. ISSN : 2301-8402 : 1-7.

Putri, Adiana Dika, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Penerima Beasiswa Berprestasi Pada Program Studi Teknik Informatika dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting”, Skripsi, Universitas Islam Kuantan Singingi, 2018.

Sagita, Awan Rinandi., dan Sugiarto, Hari, 2016. “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web”, Indonesian Journal on Networking and Security, Vol.5, No.4:49-55.
Published
2021-07-04