RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PECANDU NARKOBA BERBASIS DESKTOP (STUDI KASUS BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)

  • Vonny Marlisa Fitri
Keywords: Sistem Pakar, Langkah Pengguna Narkoba, Faktor Kepastian

Abstract

Sistem pakar secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Atau dengan kata lain sistem pakar adalah sistem yang didesain dan diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemrograman tertentu untuk dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem pakar diagnosis pecandu narkoba menggunakan metode inferensi certainty factor dalam penalaran terhadap suatu ketidakpastian untuk menelusuri gejala-gejala yang dialami oleh pecandu Narkoba. Diagnosis pengguna narkoba dapat dilihat dari gejala yang muncul dan ditandai oleh perubahan gaya hidup dan kesehatan. Dari gejala-gejala ini dapat dikategorikan menjadi beberapa tahap, yaitu coba-coba, diperbaiki dan kecanduan.

References

Berlilana, dkk., 2018. Sistem Pakar Diagnosis Pecandu Narkoba Menggunakan Algoritma Forward Chaining.

Febri Haswan. 2016. Sistem Pakar Dalam Menganalisa Penyakit Pada Ikan Lele. Teluk Kuantan : Fakultas Teknik UNIKS

Harison, Alexyusanderia. 2014. Sistem Pakar Perawatan dan Perbaikan Ringan Mobil Bensin Menggunakan Video Tutorial Berbasis Web.

Jasri, Dodi Siregar, dan Robbi Rahim. (2017). “Decision Support System Best Emloyee Assesment with Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution, International Journal of Recent Trends in Engineering & Research”. Vol. 1, No. 3:6-17

Jugianto, H.M, 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta.

Minarni, Hidayat Rahmat. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Kerusakan Komputer Dengan Metode Backward Chaining. Vol. 1, No. 1.

Nugraha, Agus Ramdhani. Pramukasari, Gati. 2017. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya. Vol. 4 No. 2.

Pangrestu, Dwi Putri. 2014. Pembangunan Sistem Pendeteksi Penyalahgunaan Narkoba Menggunakan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Metode Backpropagation. Vol. 3, No. 1.

Sudiarto, Rahmat. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Diagnosa Dini Terhadap Penyalahgunaan Narkoba Menggunakan Metode Bayes Berbasis Web. Vol. 7, No. 1.

Syahputra, Ismail. 2013. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Pengguna Narkoba Dengan Menggunakan Metode Bayes. Vol. 5, No. 3.
Published
2021-07-04