PERANCANGAN SMS GATEWAY SEBAGAI REMINDER PEMBAYARAN TAGIHAN SEWA KIOS PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SEROJA – MARSAWA

  • Dedi Surahma
Keywords: SMS, Reminder, Tagihan, Sewa

Abstract

BUMDes Seroja merupakan Badan Usaha Milik Desa yang memiliki unit usaha dagang yaitu penyewaan kios pasar yang berlokasi di Desa Marsawa Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Banyaknya penyewa yang tidak disiplin dalam membayar tagihan sewa menjadi masalah utama pada BUMDes. Hal ini terjadi karena sering kali penyewa tidak menyadari sudah masuk waktu jatuh tempo pembayaran. SMS Reminder dirancang bertujuan untuk pengingat bagi para penyewa kios untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo. SMS Reminder ini memberikan manfaat efisiensi waktu untuk memberikan himbauan dan teguran kepada penyewa kios dalam membayar tagihan. SMS Reminder yang digunakan adalah SMS Gateway yang merupakan teknologi mengirim, menerima dan bahkan mengolah SMS melalui komputer dan sistem komputerisasi. Aplikasi ini menghasilkan SMS pengingat yang dapat dikirim kepada seluruh penyewa, maupun kepada penyewa yang belum melunasi tagihan saja. Pengiriman SMS pengingat ini juga dapat dijadwalkan sesuai tanggal jatuh tempo yang bisa diatur pada sistem. Sistem ini juga dapat mempermudah petugas BUMDes dalam pengelolaan data sewa kios.

References

Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto, D. (2016). PENGEMBANGAN DESA MANDIRI MELALUI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(1).

Alfathin, A. H., Hanafi, M., & Agung, N. (2018). PERANCANGAN SMS GATEWAY SEBAGAI REMINDER PEMBAYARAN TAGIHAN LAYANAN INTERNET DI MUNA NET MEDIA. Jurnal Komtika, 2(1), 1-9.

Aryani, D., Setiadi, A., & Alfiah, F. (2015). Aplikasi Web Pengiriman Dan Penerimaan SMS Dengan GAMMU SMS Engine Berbasis PHP. CCIT Journal, 8(3), 174-190.

Faraboy, E., & Purnama, R. A. (2015). SISTEM SMS GATEWAY UNTUK PEMBAYARAN TAGIHAN PERUSAHAAN GAS NEGARA PADA PT. SMART TECHNOLOGIES JAKARTA. Jurnal Teknik Komputer, 1(2), 209-218.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Kristiyanto, W. (2014). Implementasi SMS Gateway Untuk Informasi Tagihan Pada Lembaga Kursus I-Robo Semarang. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Mallu, S. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(2).

Setyawan, R. A., Suyono, H., & Purnomo, M. F. E. (2018). Pengembangan Sistem Komunikasi Antar Stakeholder Sekolah Menggunakan Sistem ComGate. Jurnal EECCIS, 11(2), 77-81.

Suhartanto, A. (2017). Pemanfaatan Teknologi SMS Gateway dalam Implementasi Pemodelan Pelayanan Nasabah. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 1(1), 10-19.

Widodo, M. R. R., Zainuddin, M. R., & Nusantara, L. S. (2016). Sistem Informasi Dan Pengolahan Data Kursus Mobil Berbasis Web Dengan Sms Gateway Di Armada Pasuruan. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(3).
Published
2021-07-04