SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT HEWAN TERNAK SAPI DENGAN METODE BAYESIAN NETWORK

  • Novia Handayani
Keywords: Sistem Informasi, Sistem Pakar, Penyakit Hewan Ternak

Abstract

Sapi merupakan hewan yang memiliki banyak potensi ekonomi. Penyakit ternak dapat menyebar dengan cepat, dan dapat membuat ternak mati. Penyakit ternak bisa disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit. Untuk mencegah penyakit pada sapi tidak berlanjut, para peternak sapi harus mengetahui tentang penyakit pada hewan sapi, sehingga dapat melakukan pencegahan dan pengobatan sedini mungkin. Sistem pakar merupakan sistem yang dirancang untuk meniru keahlian seorang pakar dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu perlu dikembangkan sistem pakar agar petani dan masyarakat dapat mengetahui dan mendeteksi penyakit sedini mungkin, sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan cepat sebelum petani berkonsultasi dengan dokter. Pengetahuan yang terstruktur mengacu pada literatur dan wawancara dengan dokter tentang penyakit hewan ternak yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit berdasarkan gejala penyakit dan cara pengobatannya. Penentuan penyakit dalam sistem pakar dilakukan melalui proses konsultasi antar pengguna. Sistem akan menampilkan gejala penyakit pada sapi, kemudian pengguna memilih gejala yang dialami. Gejala yang dipilih pengguna akan disesuaikan dengan aturan yang ada sehingga pengguna akan mendapatkan diagnosis gejala, jenis penyakit, solusi pengobatan, dan nilai probabilitas. Sistem pakar mampu memberikan informasi dan penanganan dini jika hewan sapi yang terdeteksi mengalami nyeri.

References

Ardianto, W., Anggraeni, W., & Mukhlason, A. (2012). Pembuatan sistem pakar untuk pendeteksian dan penanganan dini pada penyakit sapi berbasis mobile android dengan kajian kinerja teknik Knowledge Representation. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A310-A315.

Aribowo, A. S., & Khomsah, S. (2015, July). Sistem Pakar Dengan Beberapa Knowledge Base Menggunakan Probabilitas Bayes Dan Mesin Inferensi Forward Chaining. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 4).

Candra, R. M., & Rahim, W. (2014). Sistem Pakar Diagnosa Bibit Unggul Sapi dan Kambing dengan Metode Certainty Factor. KOMPUTA: Jurnal Komputer dan Informatika, 3(1).

Dedy, S., & Asisi, F. (2017). Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Sapi Menggunakan Metode Certainty Factor (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Musi Charitas).

Dewi, I. C., Soebroto, A. A., & Furqon, M. T. (2015). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Potong Dengan Metode Naive Bayes. Journal of Environmental Engineering and Sustainable Technology, 2(2), 72-78.

Jasri, J., & Nazli, R. (2018). Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 67-74.

Kusrini. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi .Yogakarta: CV Andi, 2008.

Nita, P. R. (2011). Sistem Pakar Diagnosa Dini Penyakit Pada Sapi Menggunakan Metode Dempster Shafer (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sutojo, T, Edy Mulyanto, and Vincent Suhartono, 2011, Kecerdasan Buatan. Andi, Yogyakarta.

Tyas, R. D. O., Soebroto, A. A., & Furqon, M. T. (2015). Pengembangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Potong Dengan Metode Fuzzy K-Nearest Neighbour. Journal of Environmental Engineering and Sustainable Technology, 2(1), 58-
Published
2021-07-04