APLIKASI LAYANAN PENGADUAN SENGKETA TANAH BERBASIS ANDROID STUDI KASUS BADAN PERTANAHAN NASIONAL (BPN) KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Vera Wati
Keywords: Layanan Pengaduan, Sengketa Tanah, Sistem Informasi, Gis

Abstract

Sengketa adalah suatu situasi dimana ada pihak yang merasa dirugikan oleh pihak lain, yang kemudian pihak tersebut menyampaikan ketidakpuasan ini kepada pihak kedua. Sengketa tanah umumnya terjadi disebabkan oleh anggapan masing-masing pihak yang merasa berhak atas tanah yang dinyatakan sebagai obyek sengketa, misalnya sengketa antara ahli waris, sengketa yang disebabkan penjualan tanah, dan sengketa pinjam meminjam sertifikat, untuk menyampaikan permasalahan dari masyarakat kepada pemerintahnya perlu adanya suatu fasilitas.Pada kenyataannya masyarakat masih sulit dalam menyampaikan pengaduan sengketa tanah kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi. Apabila pengaduan permasalahan masih bersifat manual maka waktu yang dipergunakan akan tidak efisien. Maka Perlu dibuatkan sebuah sistem yang kedepanya tak perlu datang ke kantor tetapi melalui sebuah aplikasi berbasis mobile. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah survey lapangan, literature serta analisa dan perancangan aplikasi. Tahapan perancangan yang digunakan meliputi perancangan sistem, basis data dan antarmuka pengguna. Sistem ini dirancang menggunakan PHP, MySQL dan Android Studio untuk basis data dan XAMPP untuk web server-nya. Sistem pengaduan sengketa tanah secara online yang dirancang bertujuan untuk membangun Aplikasipengaduan Dinas Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kuantan Singingi Berbasis Android sehingga memudahkan masyarakat dalam melaporkan aduan sengketa lahan dan mempercepat kinerja petugas DinasBadan Pertahanan Nasional. 

References

Ade Hendini. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitorig Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Dostro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa,Vol. 4 No. 2.

Amriani, Nurnaningsih, Mediasi Alternatif Penyelesaian Sengketa Perdata Di Pengadilan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Anhar. 2010. PHP & MySql Secara Otodidak. Jakarta: PT TransMedia.

Asropudin. 2013. Kamus Teknologi Informasi Komunikasi. Bandung: CV. Titian Ilmu.

Kartikaningdyah, Ely. 2013. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada BP2T Kota Tanjungpinang. Batam: Jurnal Integrasi 2013.

Ladjamudin, Al-Bahra Bin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nofriwandi Al-hafiz, Febri Haswan. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi). Vol.3.

Romdoni, Agus. 2010. Pengertian Aplikasi Mobile. Penerbit: Andi Yogyakarta.

Rusmadi Murad. 1991. Penyelesaian Sengketa Hukum Atas Tanah. Bandung : Alumni.

Safaat H.Nazruddin.2012.Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android.Informatika.Bandung.

Sutarman. 2012. Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara

Yuhefizar, (2012). Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan CMS Joomla Edisi Revisi. PT.Elex Media Komputindo, Jakarta
Published
2021-07-04