ANALISA PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA PEKERJAAN TIMBUNAN JALAN SEBERANG TALUK-SEBERANG BENAI

  • Noptrius Noptrius
Keywords: Jenis-jenis alat berat, Produktivitas alat berat, Analisa alat berat

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah. Untuk pembangunan jalan di butuhkan beberapa alat berat. Adapun kombinasi alat berat yang umum dipakai pada pekerjaan tanah khususnya timbunan /urugan adalah sebagai berikut : Excavator (memuat material), Dump Truck (mengangkut), Motor Grader (menghampar), Vibro Roller (memadat). Disini juga ada alat bantu lain yaitu Watertank Truck untuk menyiram hamparan material dengan air sebelum dipadatkan menggunakan alat Vibro Roller. Dari hasil analisa maka alat berat untuk pekerjaan timbunan jalan Seberang Taluk-Seberang Benai yang paling efisien adalah pada alternative I yang terdiri dari 1 Excavator PC-200, 4 Dump Truck 8T, 1 Motor Grader GD500, 1 Vibro Roller 7T, 1 Water Tank Truck 4000 Liter dengan total biaya Rp.11.306.800,00 dan waktu penyelesaian 14 hari.

References

Ahmad Kholil, 2012. Alat Berat. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Joni Warman, 2014. Optimalisasi penjadwalan produktivitas alat berat pada proyek peningkatan jalan, Tugas Akhir Prodi Teknik Sipil Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan.

Pedoman Bahan Kontruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil, Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Cipta Karya. 2013 : Kementrian Pekerjaan Umum.

Ranty Al Manarnie, 2009. Efisiensi waktu dan biaya dengan alternative penggunaan alat berat pada pekerjaan jalan simpang koto medan – simpang bukit selanjut. Riau : Universitas Islam Indonesia.

Ridha Irpada, 2014. Manajemen alat berat pada pekerjaan galian dan timbunan tanah kelurahan sungai jering – jao simpang tiga teluk kuantan, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan.

Rochmanhadi, 1993. Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan Dengan Menggunakan Alat-alat Berat. Cetakan ke-2.Jakarta:Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Rostiyanti, 1999. Alat Berat Untuk Proyek Kontruksi. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Published
2021-07-04