PERENCANAAN SIMPANG BERSINYAL STUDI KASUS SIMPANG TIGA SMKN 1 TELUK KUANTAN (JL. PROKLAMASI, JL. BELIBIS, JL. TUANKU TAMBUSAI) KOTA TELUK KUANTAN

  • Roni Ibnu Prakoso
Keywords: Simpang Tiga, Derajat Kejenuhan, Waktu Hijau, Waktu Hilang Total

Abstract

Persimpangan merupakan pertemuan dari ruas-ruas jalan yang fungsinya untuk melakukan perubahan arah arus lalulintas.. Persimpangan sebagai bagian dari suatu jaringan jalan merupakan daerah yang kritis dalam melayani arus lalulintas Dalam rangka mendukung terciptanya sistem transportasi yang handal, lancar, aman, tertib dan nyaman, terutama di daerah perkotaan maka perlu dilakukan penelitian pada Simpang Tiga SMKN 1 Teluk Kuantan. Dari hasil Peneliatian terdahulu pada jurnal Gusmulyan, M.T. (2015) tentang Studi Potensi Kecelakaan Pada Simpang Tak Bersinyal dengan Metode Traffic Conflict Technique (Near Missed Accident) membuktikan bahwa Simpang Tiga SMKN 1 Teluk Kuantan memiliki potensi kecelakaan yang tinggi. Juga telah di lakukan analisa simpang pada saat ini dan didapati bahwa derajat kejenuhan (DS) sudah mendekati titik jenuh sebesar 0.709. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu di lakukan peningkatan status simpang dari tidak bersinyal menjadi bersinyal. Dan setelah di lakukan perencanaan dengan melalukan perhitungan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia di mana untuk lebih detailnya dapat dilihat pada Bab V didapatkan hasil waktu hilang total (LTI) untuk tiap fase sebesar 27 detik dan waktu kuning total 9 detik. Sedangkan untuk waktu merah pada tiap fase adalah 18 detik dan hijau (g) dan lengan Jl. Belibis sebesarn 85 detik (hijau), Jl. Proklamasi 86 detik (hijau), Jl. Tuanku Tambusai 37 detik (hijau).

References

Abubakar, I. (1990). Menuju Lalu-lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib. Jakarta : Puslitbang Jalan dan Jembatas.

Anonim. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga.

Harianto, J. (2004). Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Pada Jalan Raya. Sumatera Utara : Universitas Sumatera Utara.

Anonim. (2015). Penulisan Tugas Akhir dan Kerja Praktek. Teluk Kuantan : Universitas Islam Kuantas Singingi

Gusmulyani. (2015). Studi Potensi Kecelakaan Pada Simpang Tak Bersinyal dengan Metode Traffic Conflict Technique (Near Missed Accident). Teluk Kuantan : Lembaga Penelitian dan engabdian kepada Masyarakat.

Wikarma, Agung Jaya. (2017). Studi Simpang tak Bersinyal dengan Studi Kasus Jalan Raya Uluwatu – Jalan Raya Kampus Unud

Wikrama, Jaya. (2011). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Studi Kasus Jalan Teuku Umar Barat – Jalan Gunung Salak
Published
2021-07-04