PEMETAAN DAERAH ALIRAN IRIGASI PULAU LOWE MENGGUNAKAN ARCGIS (STUDI KASUS IRIGASI PULAU LOWE DESA JALUR PATAH KECAMATAN SENTAJO RAYA)

  • Andi Arman
Keywords: Peta, Pemetaan, Irigasi, Saluran, Pintu Air, Panjang Irigasi

Abstract

Peta adalah gambaran seluruh permukaan bumi yang digambarkan dalam bidang datar berdasarkan skala tertentu.Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Pemetaan merupakan suatu proses yang dilakukan berupa pengukuran  perhitungan dan penggambaran permukaan bumi dengan menggunakan cara atau metode tertentu sehingga didapatkan hasil berupa softcopy dan Hardcopy. selain itu dalam pemetaan yang harus dipahami adalah syarat-syarat kelengkapan peta. Irigasi atau pengairan adalah suatu usaha untuk mendapatkan air dengan membuat bangunan dan saluran-saluran ke sawah sawah secara teratur dan membuang air yang tidak diperlukan lagi, selanjutnya air dipergunakan dengan sebaik mungkin.Pintu air yaitu berguna untuk membagi dan membuang air.

References

Abidin, H.Z. 1995. Global Position System. Jakarta. Media Publisher.

Adiyuwono,N.S. 1995. Teknik Membaca Peta dan Kompas. Bandung: Angkasa.

Antenucei, Johnc and Kay Brown, Peter L. 1991. “Geographic Information Systems,” (New York : Van Nostrand Reinhold Company).

Daldjoeni, N. 1982. Pengantar Geografi Untuk Mahasiswa dan Guru Sekolah. Bandung : Penerbit AlumniBandung.

Daldjoeni, N. 1992. Pengantar Georafi, Alumni Bandung. Hidrologi/ Oseanografi, Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menegah, BPG Malang.

GIS Consortium Aceh-Nias. 2007. Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Dasar. NAD-Nias : Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias.

Gographic Information Systems for Water Resources. 2000. “ESRI Press, 380 New York Street, Redland Califater Resources Buornia 92373 – 8100.

Gordon B, Dafis. 1999. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Tangerang : PT Ikrar Mandiri Abadi.

Gordon B, Dafis. Olson and Margarethe H. 1985. Management Information Systems Conceptual Foundation : Structure and Development, 2nd Edition, McGraw-Hill.

Hamdani. 2006. Profil Ranting Dinas Pengairan Indrapuri. Indrapuri. PU Pengairan. Arsip tidak diterbitkan.
Published
2021-07-04