ANALISIS KERUSAKAN KONSTRUKSI JALAN FLEXIBLE PAVEMENT STUDI KASUS JALAN PROKLAMASI SINAMBEK Km 3+600 – Km 4+100 KABUPATEN KUANSING

  • Anggi Prabowo
Keywords: Analisis, Kerusakan Jalan, PCI

Abstract

Jalan merupakan infrastruktur pendukung perekonomian yang harus dikembangkan dan dipelihara. Untuk menjamin tidak adanya hambatan dalam pergerakan barang dan orang, maka kondisi infrastruktur jalan harus tetap dipertahankan dalam kondisi yang mantap. Salah satu tantangan dalam mempertahankan kondisi perkerasan dalam kondisi mantap adalah dengan memperhatikan kerusakan yang terjadi. PCI adalah sistem penilian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi. Skripsi ini dilakukan dengan mengidentifikasi jenis kerusakan yang merupakan data primer dari penelitian ini, kemudian mencari nilai PCI terkait dengan kondisi perkerasan setiap segmen yang diteleti dengan panjang persegmen 50 m, kemudian dicari akumulasi nilai PCI untuk mengetahui kondisi jalan secara keseluruah. Dari Hasil penelitian ini, diketahui jenis kerusakan yang identifikasi untuk jl. proklamasi-sinambek km 3+600 – 4+100 adalah retak kulit buaya, retak blok, retak memanjang, benjul dan turun, tambalan, amblas, sungkur, butiran lepas, lubang. Sedangkan untuk hasil nilai PCI total untuk jalan proklamasi-sinambek km 3+600 – 4+100 setelah dilakukan analisis ialah 49,6 % dengan kategori kerusakan nya sedang.

References

Ahmad Yulianto, 2018, Penilaian Kondisi Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI), Lendutan Balik (Benkelmen Beam), Dan Analisa Komponen 1987, Jurnal, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Ali Sufi Hista, 2018, Evaluasi Kondisi Perkerasan Lentur Pada Jalan Kabupaten Berdasarkan Nlai PCI (Pavement Condition Index) Dan IRI (International Roughness Index,. Jurnal, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Hardiyatmo, (2007), Pemeliharaan Jalan Raya, Universitas Gajah Mada Press, Yogyakarta.

Shahin, 1994, Pavement Management For Airpots, Roads, Parking Lots, Chapman&Hall, New York.

Sukirman Silvia, (1999), Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung.

Sukirman Silvia, (1999), Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik, Nova, Bandung.
Published
2021-07-04