MODEL KEBUTUHAN PARKIR DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI

  • Ayu Cahya Pratiwi
Keywords: Analisis, Model, Kebutuhan, Parkir

Abstract

Universitas Islam Kuantan Singingi yang beralamat di Jalan Gatot Subroto KM 7, Kebun Nenas, Teluk Kuantan, Sungai Jering Kabupaten Kuantan Singingi. Pada Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi belum tersedia lahan parkir yang memadai dan areal parkir yg belum diatur sehingga kendaraan parkir sembarangan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian mengenai kebutuhan parkir pada kampus Universitas Islam Kuantan Singingi.Parkir merupakan salah satu unsur sarana yang tidak dapat dipisahkan dari sistem transportasi jalan raya secara keseluruhan, banyaknya kendaraan yang parkir pada lingkungan kampus, maka diperlukan areal parkir yang memadai dan tertata dengan baik untuk menghindari kesemrawutan kendaraan yang parkir supaya dapat memberikan pelayanan yang diinginkan bagi semua pihak, baik bagi para dosen serta staf maupun mahasiswa yang akan menggunakan tempat parkir selama waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan diperoleh persamaan sebagai berikut : Y = -48,5841+0+0,957196X2+0+0,57572X4

References

Akhmadali. (2013). Evaluasi dan analisis kebutuhan ruang parkir di kampus Politeknik Negeri Pontianak. Junal Teknik Sipil UNTAN.

Arishandi, N.G. (2017). Analisis karakteristik dan kebutuhan parkit Terminal Kargo di Kota Denpasar. Jurnal Spektran Vol.5, No.1, Januari 2017, hal. 1-87.

Basuki, Heru. (1986). Merancang, merencana lapngan terbang. Bandung: Penerbit Alumni.

Cuchymurtopo. (2017, 22 Mei). Marka biku-biku larangan parkir. Diakses dari : https://cauchymurtopo.wordpress.com/2016/07/11/apa-arti-marka-jalan-kotakkuning-dan-biku-biku/marka-biku-biku-larangan-parkir/.

Dayana, Eva. (2012). Analisis kebutuhan parkir kendaraan di Bandara Husein Sastranegara. Bandung: Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996). Pedoman teknis penyelenggaraan fasilitas parkir. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Departemen Perhubungan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1998). Pedoman perencanaan dan pengoperasian fasilitas parkir. Jakarta: Direktorat Bina Sisterm Lalu Lintas dan Angkutan Kota.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (2009). Pedoman perencanaan dan pengoperasian fasilitas parkir. Jakarta: Direktorat Bina Sisterm Lalu Lintas dan Angkutan Kota.
Published
2021-07-04