ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PERTEMUAN KEJARI TELUK KUANTAN

  • Indra Junaidi
Keywords: Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3), Gedung Kejari, Variabel kebijakan, disiplin dan kecelakaan perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada Proyek Gedung Pertemuan Kejari Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian Merupakan penelitian Observasi menggunakan metode koesioner dengan teknik tes dan pengukuran populasi dalam penelitian ini adalah pekerja adalah dari PT. Nettindo Perdana sebagai Pelaksana pekerjaan yang berjumlah 83 orang kemudian dengan sample penelitian dengan berjumlah 39 orang. Instrument yang digunakan untuk melihat analisis SMK3 adalah Permenaker 50/MEN/2012. Identifikasi responden berdasarkan 5 variabel  yaitu Variabel tanggung jawab dan komitmen perusahaan, Variabel Kebijakan dan disiplin K3, Variabel komunikasi dan Pelatihan K3, Variabel inspeksi dan Penyelidikan Kecelakan Kerja  dan variable Evaluasi. Dari hasil penelitian diperoleh dari Variabel-variabel yang diukur yaitu Variabel tanggung jawab dan komitmen perusahaan memiliki penilaian skor 2,72, Variabel Kebijakan dan disiplin K3 2,72, Variabel komunikasi dan Pelatihan K3 2,78, Variabel inspeksi dan Penyelidikan Kecelakan Kerja 2,79, variable Evaluasi 2,77.disimpulkan bahwa analisis SMK3 pada Pembangunan Gedung Kejari Teluk Kuantan bahwa 5 (lima)  Variabel Dalam Kategori Cukup Baik.

References

Budiono, Sugeng dan M.S, Jusuf. (2005). Bunga Rampai Hiperkes dan Keselamatan Kerja. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hasibuan, Malayu. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: CV Haji Masagung.

Kansil, CST. (2001). Kitab UU Ketenagakerjaan: Buku Kedua. J akarta.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Manulang, Sendjum H. (2001). Pokok-Pokok Hukum Ketenagakerjaan (Cetakan III).Jakarta: Rineka Cipta.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. (2007). Metode Penelitian:Memberi Bekal Teoritis Pada Mahasiswa Tentang Metodologi Penelitian Serta Diharapkan Dapat Melaksanakan Penelitian Dengan Langkah-Langkah Yang Benar. Jakarta: Bumi Aksara.

P.K, Suma’mur. (1981). Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: Gunung Agung. 1981.

Sastrohadiwiryo, B.Siswanto. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia: Pendekatan Administratif dan Operasional.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Saydam, Gouzali. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Djambatan.

Silalahi, Bennet dan Rumondang Silalahi. (1985). Manajemen Keselamatan dan kesehatan kerja.Jakarta: PT. Pertja.

Suardi, Rudi. (2005).Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.Jakarta: Penerbit PPM.

Umar, Husein. (2008). Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2018-12-11