PENENTUAN NILAI KESERASIAN ( MATCH FACTOR ) UNTUK OPTIMALISASI ALAT BERAT PADA PEKERJAAN PEMINDAHAN TANAH PENUTUP PERTAMBANGAN BATUBARA PT. TRI BAKTI SARIMAS

  • Desma Natalia
Keywords: Penambangan Batu Bara, Produktifitas Alat, Perhitungan Produksi Alat

Abstract

PT. Tri Bakti Sarimas yaitu suatu induk perusahaan swasta yang bergerak dibidang penambangan batubara, memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) seluas 198 Ha yang terletak di perbukitan Sungai Pendulangan, antara Desa Sungai Besar dan Desa Ibul, Kecamatan Pucuk Rantau, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Pemindahan tanah mekanis adalah segala macam pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan penggalian (digging), pemuatan (loading), pengangkutan (hauling). direncanakan selama 2 Minggu yang dilakukan di Pit 4 dengan menggunakan alat-alat mekanis, Exavator Kobelco Type SK 450 Lc dan Dump Truck Type Hyno Jumbo Ranger kapasitas 18 Ton. Parameter metoda Pemindahan Tanah Mekanis pada Pertambangan Batubara PT. Tri Bakti Sarimas Adalah sebagai berikut Pencatatan Waktu Siklus Alat muat Excavator dan Alat angkut Dump Truck, Efektifitas alat, Produksi alat, dan Keserasian kerja alat muat dan alat angkut / Match Faktor (MF),produktifitas alat muat Excavator adalah 211,30 M3 / Jam dan Produktifitas alat angkut Dump Truck adalah 441,27 M3 / Jam. Setelah dilakukan perhitungan Produksi alat muat Excavator selama 2 Minggu adalah jika 2 minggu 96 Jam Kerja adalah 20.164,8  M3 dan Produksi alat angkut Dump Truck adalah 42.361,9  m3 Banyaknya Exavator yang dibutuhkan untuk penggalian Over Burden sebanyak 30. 000 M3 adalah: 2 Unit dan Dumptruck yang dibutuhkan adalah 1 Unit terdapat waktu tunggu bagi alat muat yaitu 19,39 Menit MF < 1.

References

Cyiriil Soffer, Mendefinisikan Organisasi, http://www.defenisi organisasi.com

Data dan Arsip Dinas Energi dan Sumbe Daya Mineral Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Data dan ArsipPT. Tri Bakti Sarimas Divisi Batu bara.

Internet Pengertian dan klasifikasi alat berat, http://google.com

Partanto, Ir. 2005. Pemindahan Tanah Mekanis. Bandung :jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung.

PT. Tri Bakti Sarimas, 2011. Rencana Kerjadan Anggaran Biaya Penambangan Batubara Tahun 2012, Kegiatan Ekploitasi Batubara di Wilayah Konsesi Pertambangan PT. Tri Bakti Sarimas.

Rochmanhadi, Ir, 1992. Kapasitasdan Produksi Alat-alat Berat. Departemen Pekerjaan Umum, Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Rudi Pratama Putra, 2015. Kepala Teknik Tambang, Laporan Triwulan Tahun 2015, Kegiatan Operasi Produksi Batubara di WIUP PT. Tri Bakti Sarimas.

Susy Fatena Rostiyanti, Ir, M. Si, Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Penerbit PT. Rineka Cipta.
Published
2021-07-04