OPTIMALISASI BIAYA DAN WAKTU PADA PENGGUNAAN ALAT BERAT UNTUK PROYEK PERKERASAN LENTUR JALAN JAKE KOTO KOMBU

  • Dody Anggara
Keywords: Excavator, Dump Truck, Motor Gleder, Water Tank, Galian

Abstract

Pada proyek pembangunan  Jalan Jake – Koto Kombu, yang memiliki kontur tanah perbukitan diperlukan adanya pekerjaan cut and fill menggunakan alat berat untuk meratakan permukaan tanahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah dan jenis alat berat yang akan digunakan, dengan demikian kita dapat merencanakan penggunaan alat dengan tepat dan memperhitungkan biaya yang diperlukan dalam penggunaan alat tersebut. Metode analisis data yang digunakan adalah deskripsi analitis yang terdiri dari teknik pengumpulan data, sumber data, analisa data, teknik pelaksanaan dan rancangan penelitian. Dari masing-masing kombinasi akan dihitung produktifitas dan biaya sewa alat untuk penggunaan alat berat tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, maka diperoleh kombinasi V berada pada peringkat pertama yang memiliki biaya sewa alat terendah dan waktu pengerjaan yang singkat. Dimana kombinasi V menggunakan 1 unit excavator 0,9 m3 , 5 unit dump truck berkapasitas 6 m3 dan 1 unit motor gleder, dan 1 unit water tank. Waktu pengerjaan yang diperlukan adalah 150 hari untuk semua pekerjaan, dan total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp.13.000.000.000,- .

References

Dipohusodo, 2006. Manajemen Proyek dan Kontruksi. Kanisius. Yogyakarta.

Joni Warman, 2014. Optimalisasi penjadwalan produktivitas alat berat pada proyek peningkatan jalan, Tugas Akhir Prodi Teknik Sipil Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan.

Noptrius, 2019. Analisa produktivitas alat berat pada pekerjaan timbunan jalan seberang taluk – seberang benai. Tugas Akhir Prodi Teknik Sipil Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan.

Pedoman Bahan Kontruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil, Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Cipta Karya. 2013 : Kementrian Pekerjaan Umum.

Ridha Irpada, 2014. Manajemen alat berat pada pekerjaan galian dan timbunan tanah kelurahan sungai jering – jao simpang tiga teluk kuantan, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan.

Rochmanhadi, 1993. Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan Dengan Menggunakan Alat-alat Berat. Cetakan ke-2.Jakarta:Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Rostiyanti, 1999. Alat Berat Untuk Proyek Kontruksi. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Sulistiono, D, 2002. Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis. (PTM) TS. 0519.
Published
2021-07-04