PEMETAAN DAN IDENTIFIKASI GEDUNG DI WILAYAH KELURAHAN PASAR TALUK KUANTAN MENGGUNAKAN APLIKASI (ARCGIS,AUTOCAD,THEODOLITE)

  • Dwi Kurniadi
Keywords: Area, Arcgis, Autacad, GPS, Theodolite

Abstract

Banyak wilayah di Kabupaten Kuantan Singingi yang belum memiliki peta wilayah dan data bangunan yang tidak akurat, khususnya di kawasan Pasar Teluk Kuantan. Berdasarkan Peraturan Bupati Kuantan Singingi Nomor 67 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung di Kawasan Kabupaten Kuantan Singingi peta dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi yang mendukung Sistem Informasi Geografis (SIG). Karena pentingnya memiliki peta wilayah wilayah dan data bangunan sendiri maka penelitian ini dilakukan dengan mengambil koordinat menggunakan GPS yang kemudian diinput ke dalam aplikasi Arcgis, untuk data bangunan sendiri dilakukan dengan pengukuran langsung dan wawancara dengan pemilik gedung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui luas tanah menggunakan GPS, serta untuk mengidentifikasi bangunan yang digambarkan menggunakan aplikasi AutoCAD, sedangkan untuk pengukuran poligon menggunakan theodolite pada luas yang ditentukan. Untuk mengetahui ukuran area pada penelitian ini digunakan aplikasi ArcGIS. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Pasar Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Hasil pengukuran lapangan menggunakan thoedolite dan GPS menghasilkan luas 18.599,7 M² untuk luas Pasar Kelurahan dan 15.309,2 M² untuk theodolite.

References

Abidin, H.Z. 1995. Global Position System. Jakarta. Media Publisher.

Adiyuwono,N.S. 1995. Teknik Membaca Peta dan Kompas. Bandung: Angkasa.

Antenucei, Johnc and Kay Brown, Peter L. 1991. “Geographic Information Systems,” (New York : Van Nostrand Reinhold Company).

Awliya Tribhuwana (2018), Fakultas Teknik, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon “Perbandingan Pengukuran Luas Area Antara Theodolit Dan Global Positioning System (GPS)”

Dedi Setyawan, Arief Laila Nugraha, Bambang Sudarsono (2008). “Analisis Potensi Desa Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus: Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kabupaten Semarang)”

GIS Consortium Aceh-Nias. 2007. Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Dasar. NAD-Nias : Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias.

Gographic Information Systems for Water Resources. 2000. “ESRI Press, 380 New York Street, Redland Califater Resources Buornia 92373 – 8100.

Manlian Ronald. A. Simanjuntak, Bernard (2013). Program Studi Magister Teknik Sipil Konsentrasi Manajemen Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan “Identifikasi Variabel Penting Keandalan Bangunan Gedung Di Kota Serang

Peraturan Bupati Kuantan Singingi No.67 (2017). Tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung. Kuantan Singingi

Rianandra, R., Arsali, A., & Bama, A. A. (2015). Studi Perbandingan Penentuan Posisi Geografis Berdasarkan Pengukuran dengan GPS (Global Positioning System), Peta Google Earth, dan Navigasi. Net. Jurnal Penelitian Sains, 17(2).
Published
2021-07-04