EVALUASI ALINEMEN VERTIKAL PADA JALAN LINTAS LUBUK JAMBI – TELUK KUANTAN (STUDI KASUS DESA BUKIT PEDUSUNAN SEPANJANG 500 M) KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Merry Maharani Augusfa
Keywords: Perencanaan Geometri Jalan, Alinement Vertikal, Kemiringan Minimum dan Maksimum, Kelengkungan Vertikal

Abstract

Di zaman yang semakin maju ini, transportasi sudah menjadi hal yang vital dalam kehidupan manusia. Keberhasilan transportasi sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana transportasi itu sendiri. Salah satunya adalah jalan raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan teknis alinyemen vertikal eksisting jalan di Desa Bukit Pedusunan Lubuk Jambi, Kabupaten Kuantan Singingi. Data atau informasi yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari survei lapangan secara langsung. Setelah perhitungan selesai. Dari perhitungan elevasi muka jalan setelah dilakukan perbaikan lereng didapatkan dengan kemiringan 5% dan kecepatan jalan 80 km/jam maka perlu dilakukan pemotongan/penggalian pada ruas V sebesar 1.607 m.

References

Ananda, Rizki, 2014, Evaluasi Perencanaan Geometrik Pada Ruas Jalan Sakat – Teluk Petai Pada Km 2 – Km 4,8 Kabupaten Kampar, Tugas Jurusan Teknik sipil, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Chasanah, Khuswatun, 2018, Evaluasi Alinemen Vertikal Dan Horizontal, Studi Kasus : Didepan Gedung Perpustakaan Kampus Dramaga Institut Pertanian Bogor, Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, Volume 3 Nomor 2.

Dirjen Bina Marga DPU, 1997, Tata Cara perencanaan geometrik Jalan Antar kota, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Gusmulyani, 2016, Evaluasi Kelayakan Teknis Alinemen Vertikal Jalan Dan Perencanaan Lajur Pendakian Untuk Mengurangi Resiko Kecelakaan (Studi Kasus Jalan Proklamsi Teluk Kuantan, Universitas Islam Kuantan Singingi.
Langi, Anjali Putri Lisu, 2019. Evaluasi Geometrik Pada Ruas Jalan Manado – Tomohon Km 8 – Km 10, Jurnal Sipil Statik, Volume 7 Nomor 3.

Saodang, Hamirhan, 2004, Kontruksi Jalan Raya, Nova, Bandung.
Published
2021-07-04