PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DIDESA PULAU KOMANG SENTAJO DALAM MENGHADAPI GENANGAN

  • Nanda Aprilian
Keywords: Debit Banjir, Kecepatan Saluran, Dimensi Saluran

Abstract

Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum, didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Drainase juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. Tujuan dari penelitian ini untuk merencanakan Dimensi Drainase di Desa Pulau Komang Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Data atau informasi yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi dan data primer diperoleh dari survey langsung di lapangan yaitu adalah ada titik/ordinat saluran, titik koefisien daerah pengaliran. Metode pengolahan data menggunakan perhitungan secara manual sesuai dengan metode rasional untuk menghitung Debit Banjir, dan rumus manning untuk Kecepatan saluran.Setelah dilakukan perhitungan debit banjir periode ulang 5 tahun maka didapat dimensi saluran ekonomis untuk saluran drainase utama adalah dengan lebar dasar B = 0.75 m dan tinggi saluran H = 1.21 m dengan penampang melintang saluran berbentuk persegi empat.

References

Andy Yarzis Qurniawan, 2009.“ Perencanaan Sistem Drainase Perumahan Josroyo Permai Rw 11 Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar ”

Br., Sri Harto. 2000. Hidrologi, Teori-Masalah-Penyelesaian. Yogyakarta: Nafiri Offset.

Efrizon Pratama 2019 dengan penelitiannya yang berjudul “ Perencanaan Saluran Drainase Dengan Pengukuran Menggunakan Theodolite Analisis Debit Banjir Metode Rasional (Studi Kasus Saluran Drainase Komplek Universitas Islam Kuantan Singingi Depan Fakultas Tarbiyah)

Fitra Andika Parse 2018 dengan penelitiannya yang berjudul “ Perencanaan Saluran Drainase Dengan Q Kala Ulang 5 Tahun Analisis Debit Banjir Metode Rasional (Studi Kasus Desa Petapahan Kecamantan Gunung Toar)

Hasmar, H.A. Halim. 2002. Drainase Perkotaan. UII Press, Yogyakarta.

Hasmar, H.A. Halim. 2012. Drainase Terapan. UII, Yogyakarta

Kirpich, T.P. 1940. Time of concentration of small agricultural watersheds. Civil Engineering, 10(6), 362.

Kodoatie,Syarief. 2005. Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Suripin, 2003 & 2004. “Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan”. ANDI Offset Yogyakarta.

Wesli. 2008. Drainase Perkotaan. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Published
2021-07-04