ANALISIS KAPASITAS KETERSEDIAAN RUANG PARKIR KLINIK KUANTAN MEDIKA JALAN TUANKU TAMBUSAI TELUK KUANTAN (STUDI KASUS : KECAMATAN KUANTAN TENGAH, KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)

  • Noprisco Noprisco
Keywords: Kebutuhan Parkir, Parkir Klinik, SRP

Abstract

Perlunya ruang parkir untuk diperhatikan maka akan dilakukan penelitian dengan judul analisis kapasitas ketersediaan ruang parkir klinik Kuantan Medika Jalan Tuanku Tambusai Teluk Kuantan. Adapun metode yang digunakan untuk menentukan kebutuhan parkir adalah analisis berdasarkan selisih terbesar antara kedatangan dan keberangkatan kendaraan pada lokasi parkir. Kemudian di analisis sesuai dengan persamaan-persamaan yang telah ditentutan oleh direktorat jendral perhubungan tentang perparkiran kendaraan. Hasil analisis kebutuhan parkir selama 3 hari pengamatan di dapat Kebutuhan SRP untuk sepeda motor yaitu 24,39 SRP, sedangkan ruang parkir yang tersedia sebanyak 64 SRP, jadi kelebihan SRP berdasarkan analisis kebutuhan ruang parkir sebanyak 39,61 SRP atau 40 SRP. Sedangkan kebutuhan SRP untuk parkirĀ  mobil yaitu 23,51 SRP, ruang parkir yang tersedia sebanyak 25 SRP, jadi kekurangan SRP mobil yang tersedia berdasarkan analisis kebutuhan ruang parkir sebanyak 1,49 SRP atau 2 SRP. Jadi, SRP sepeda motor dan mobil di Klinik Kuantan Medika saat ini sudah mencukupi sehingga tidak perlu ada penambahan SRP.

References

Anisa Priyandini Widuri, Dewi Handayani, Dan Setiono, 2017. Pemodelan Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Umum Tipe B Di Kota Jakarta Timur. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Departemen Pehubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir Keputusan Direktorat Jendral Perhubungan Darat Nomor 272/HK.105/DRJD/96. Jakarta.

Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Dan Angkutan Kota, Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1998. Pedoman Perencanaan Dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta.

Fauziah Syarifuddin, 2017. Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Bhayangkara Di Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Hariadi Tri Pambudi, 2018. Evaluasi Kapasitas Parkir Unila Berdasarkan Kebutuhan Satuan Ruang Parkir (SRP). Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Harpito, S.T., M.T, 2018. Analisis Kapasitas Dan Karakteristik Fasilitas Parkir Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Sultan Syarif Kasim Riau. Univetrsitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Leni Sriharyani Dan Wahyu Pambudi, 2015. Analisa Ruang Parkir Kendaraan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani Kota Metro Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah, Metro.

Mario William Meroekh, 2017. Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Rumah Sakit Umum Prof Dr W.Z. Johannes Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Mochamad Dedy Rochman, 2019. Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Pengguna Sepeda Motor Dan Mobil Pada Rsud Kanjuruhan Kabupaten Malang. Universitas Muhammadiyah, Malang.
Published
2021-07-04