KELAYAKAN INVESTASI INFRASTRUKTUR TRASNPORTASI (STUDI KASUS : JALAN TOL PEKANBARU – MINAS)

  • Nova Gustina Fitri
Keywords: Analisis Kelayakan, Ekonomi, Time Value, BOK

Abstract

Dalam perencanaan jalan tol Pekanbaru - Minas diperlukan pertimbangan ekonomi dan sebagai acuan dalam investasi agar jalan tol tersebut merupakan perencanaan yang efisien. Oleh karena itu perlu dilaksanakan Kelayakan Investasi Infrastruktur Transportasi Studi Kasus : Jalan Tol Pekanbaru - Minas. Dengan dilaksanakannya studi tersebut didapatkan berapa besar penghematan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan nilai waktu (time value) dengan adanya jalan tol Pekanbaru - Minas. Sehingga akan diketahui kelayakan jalan tol Pekanbaru - Minas dari segi analisis ekonomi. Metodologi untuk menganalisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan nilai waktu (time value) menggunakan metode PCI Model (1979). Untuk menganalisis aspek kelayakan ekonomi menggunakan parameter BCR dan NPV. Dari analisis aspek ekonomi didapatkan penghematan BOK dan nilai waktu (time value) sebesar Rp 17.362.228.568.900. Sehingga didapat hasil nilai BCR sebesar 6,01584 > 1 dan nilai NPV sebesar Rp 14.476.142.835.846,7 > 0. Berdasarkan nilai BCR > 1 dan NPV > 0, maka dapat disimpulkan pembangunan jalan tol Pekanbaru - Minas layak dari aspek ekonomi.

References

Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta : Bina Marga.

Bina Marga. 2004. Peraturan Bina Marga No. 38 Undang-Undang Tentang Jalan. Jakarta : Bina Marga.

BPJT,Peluang Investasi Jalan Tol Jakarta : PT Jasa Marga (Persero), 2012.

Djamin, Z, Perencanaan dan Analisa Proyek, Edisi Kedua, Fakultas Ekonomi UI. Jakarta 1993.

Djumirin, Makalah Pengembangan Jalan Tol Di Indonesia Aplikasi BOT, Kepala Sub Divisi Evaluasi Pengembangan Usaha PT Jasa Marga.

Erizal,D,Analisi Investasi Jalan Tol (Studi Kasus : Jalan TolCikampek –Purwakarta – Padalarang), Bogor, 2004.

Kurniawati, D. 2008. Analisa Kelayakan Jalan Tol Bunder – Krian. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, FTSP, ITS, Surabaya.
Novirani,D,Analisa Kelayakan Jalan Tol. Bandung : ITN, 2009.

Setyadi, M D;Pengaruh Inflasi Terhadap Analisa Kelayakan Investasi Pembangunan Jalan Tol Medan – Kualanamu. Jakarta : Politeknik Negeri Jakarta,2014.

Suad H dan Suwarsono; Studi Kelayakan Proyek, Edisi Kedua, Cetakan Pertama.2012.

Widyastuti, H. 2010. Ekonomi Jalan Raya. Diktat Kuliah, Program S-1 Jurusan Teknik Sipil FTSP, ITS, Surabaya.
Published
2021-07-04