ANALISIS CURAH HUJAN UNTUK MEMBUAT KURVA INTENSITY-DURATION-FREQUENCY (IDF) DI KAWASAN RAWAN BANJIR ( STUDI KASUS PULAU SIPAN INUMAN )

  • Pariantoni Pariantoni
Keywords: Hujan, Analisis Frekuensi Kurva (IDF), Mononobe

Abstract

Rangkaian data hujan sangat diperlukan dalam melakukan analisis hidrologi. Hujan sangat berhubungan dengan intensitas, durasi, kedalaman, dan frekuensi yang dinyatakan dalam bentuk kurva Intensity-Duration-Frequency (IDF). Data curah hujan yang digunakan diperoleh dari Badan Meteorologi Kota Lhokseumawe menggunakan metode distribusi Normal, distribusi Log Normal, distribusi Log Person III, distribusi Gumbel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi Log Person III sangat cocok dengan sebaran data di wilayah studi. Dalam penelitian ini curah hujan harian dihitung dengan analisis frekuensi yang dimulai dengan menentukan curah hujan harian maksimum rerata, kemudian menghitung parameter statistik untuk memilih distribusi yang paling cocok. Intensitas dihitung dengan mempergunakan metode mononobe. Kurva IDF. Berdasarkan analisi frekuensi didapatkan besar hujan rancangan untuk kala ulang; 2, 5, 10, 20, 50, dan 100 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa distribusi Log Person III yang cocok untuk  daerah studi.

References

Sri Harto Br. (2000). “ Hidrologi Teori Masalah Penyelesaian”. Nafiri, Jakarta. Suara Merdeka. (2004). “Puluhan Tahun Banyumas didera Banjir”. Edisi 7 Maret, Hal. 4, Semaran

BR, Sri Harto.(2013). Analisis Hidrologi.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Linsley, et.Al.(2016).Hidrologi Untuk Insinyur. Edisi ketiga.Penerbit Erlangga.Jakarta

Seyhan E.(2010).Fundamentals of Hydrology. Terjemahan.S.Subagyo.2010. Dasar-Dasar Hidrologi.Cetakan kedua.Gajah Mada Univ. Press. Yogyakarta.280 pp

Sherman, L K.(2008).Streamflow from Rainfall by the Unit-Graph Method,Eng. News-Rec.,vol108,pp.501-505

Suripin. (2004).Sistem Drainase Yang Berkelanjutan.Penerbit Andi Offet, Yogyakarta

Soemarto, C.D.(1999).Hidrologi Teknik. Penerbit Erlangga, Jakarta

Soewarno. (2014). Hidrologi Aplikasi Metode Statistik Untuk Analisa Data. Penerbit Nova. Bandung

Sosrodarsono, Suyono.(2007).Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi.PT Pradya Paramita, Jakarta

Triatmodjo, Bambang. (2008). Hidrologi Terapan. Beta Offet. Yogyakarta

Wilson,E.(2012).Postmodernism and Society.London-UK:Macmilan

Ananto Harimawan .(2003). “Pembuatan Paket Program Aplikasi Analisis Hidrologi”. Tesis Jurusan Teknik Sipil, Program Pasca sarjana UGM, Yogyakarta. (tidak dipublikasikan).
Published
2021-07-04