EVALUASI ALINYEMEN HORIZONTAL UNTUK MENURUNKAN POTENSI KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: DI TIKUNGAN KM 1 RUAS JALAN TUANKU TAMBUSAI TELUK KUANTAN)

  • Putri Maha Rani
Keywords: Evaluasi, Alinyemen Horizontal, Kecelakaan

Abstract

Perencanaan Geometrik jalan ini merupakan salah satu persyaratan dari perencanaan jalan yang merupakan rancangan dari trase jalan agar jalan memenuhi persyaratan selamat, aman, nyaman, efisien. Tikungan yang ada di Ruas Jalan Tuanku Tambusai Km 1 Teluk Kuantan, Dengan jenis jalan Arteri Kelas 1, analisis yang di lakukan menggunakan kecepatan rencana 70Km/jam dengan standar jari 210 m sesuai dengan SPGJAK 1997, maka jari-jari tikungan di ruas jalan tersebut terlalu kecil sebesar 160,76m, tidak memenuhi standar geometrik untuk jenis tikungan FC dan SCS. Jenis Tikungan yang digunakan di Ruas Jalan Tuanku Tambusai Jenis Tikunga  Spiral- Spiral, karena lengkung peralihan pada tikungan SS sudah memenuhi Standar. Untuk pelebaran jalan pada jenis tikungan SS, karena salah satu faktor tidak sesuainya Perencanaan Geometrik pada tikungan tersebut adalah kecilnya tikungan yang di rencanakan, oleh sebab itu, tikungan yang berada di Ruas Jalan Tuanku Tambusai Km 1 Teluk Kuantan harus melakukan pelebaran tikungan sebesar 1,8 m.

References

Budi Santoso Heru. 2011. Analisis Hubungan Geometrik Jalan Raya Dengan Tingkat Kecelakaan (Studi Kasus Ruas Jalan Ir. Sutami Surakarta). Skripsi. Teknik sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Dirjen Bina Marga.

Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta: Dirjen Bina Marga.

Pedoman Penulisan Kerja Praktek Dan Tugas Akhir. 2015. Program Studi Teknik Sipil. Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan.

Prasetyaningrum, Eka. 2010. Perencanaan Geometrik. Rencana Anggaran Biaya ( Ruas Jalan Drono - Nganom) Kabupaten Wonogori. Skripsi. Teknik Sipil Transportasi Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sukirman, Silvia. 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova.
Published
2021-07-04