ANALISA TENTANG KERUSAKN JALAN RAYA DENGAN METODE PCI ( PAVEMENT CONDITION INDEX ) JALAN BERINGIN TALUK - JL. KELURAHAN PASAR S/D KELURAHAN SIMP. TIGA - CIBERLIN KARI

  • Sabriadi Sabriadi
Keywords: Perkerasan Fleksibel, Analisis Kerusakan Jalan, Indeks Kondisi Perkerasan

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi penting yang dapat mempengaruhi kemajuan aspek ekonomi, sosial, budaya, politik di suatu wilayah. Namun, umur jalan yang direncanakan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi perkerasan jalan Jl. Beringin Taluk - Kelurahan Pasar s/d Jl. Kelurahan Simpang Tiga-Ciberlin Kari. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index). PCI (Pavement Condition Index) adalah suatu sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan tingkat kerusakannya, serta dapat digunakan sebagai acuan dalam upaya pemeliharaan. Setiap segmen dievaluasi dengan mengukur dimensi, mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan untuk mendapatkan nilai PCI .Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 14 jenis kerusakan yaitu Jl. Beringin Taluk - Kelurahan Pasar s/d Jl. Kelurahan Simpang Tiga-Ciberlin Kari. Jenis kerusakan yang dialami adalah 0,002% rutting, 4,15% patching, 0,2% retak aligator, 4,79% pelapukan dan raveling, 2,03% perlintasan rel, 3,28% lubang dan 0,2%. % depresi. . Nilai rata-rata PCI adalah 51,5 yang menunjukkan kondisi perkerasan jalan cukup baik. Sehingga perlu penanganan serius dari pemerintah untuk segera melakukan perbaikan sebelum kerusakan semakin parah.

References

Aspari Astrida, 2012,Jurnal Penurunan Umur Rencana Perkerasan Jalan Lentur dan Perkerasan Kaku Akibat Beban Berlebih.Jurusan Teknik Sipil.Yogyakarta.Bandung

Hardiyatmo, Christadi Hary.2007. Pemiliharaan Jalan Raya. Yogyakarta : Penerbit Gadjah Mada University Press.Anggota IKAPI.

Irzami, 2010, Penilaian Kondisi Perkerasan dengan Menggunakan Metode Indeks Kondisi Perkerasan Pada Ruas Jalan Simpang Kulim - Simpang Batang, Megister Teknik Sipil Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Kosasih,Junaidi. 2009. Perancangan perkerasandan Bahan Penerbit ITB 7. Jurusan Teknik Sipil. Dep. Hub.Jakarta. 2006
Margareth, 2010, Perbandingan Bina Marga dan Metode PCI ( Pavement Condition Index ) Dalam Peneilaian Kondisi Perkerasan Jalan, Universitas Nusa Cendana, Kuapang.

Pedoman Perencanaan Perkerasan Lentur No.Pd T-05-2002-B.Dep.PU. Jakarta.3.Departemen Pekerjaan Umum. 2005.

Pedoman Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Metoda Lendutan No.Pd T-05-2002-B.Dep.PU. Jakarta.4.Direktorat Jenderal Bina Marga. 1987.

Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen.Departemen Pekerjaan Umum.2005.Master Plant Transportasi Darat.Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.2005

Refiyanni Meidia dkk, 2014, Evaluasi Penganagn Kerusakan Kontruksi Jalan Berdasarkan Jenis Kontruksi dan Beban Lalu Linta, Jurnal Teksnik Sipil Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala.

Shahin, M.Y. 1994, Pavement for Airports, Roads, Parking Lots, Campman and Hall, Dept. BC, New York.

Sukirman, Silvia.1999.Pekerasan lentur Jalan Raya Jilid 2. Bandung: Penerbit Nova.11.Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, SE.02/AJ/AL.108/DRJ/ 2008.

Susanto Agus, 2007, Analisis Tingkat dan Jenis Kerusakan jalan serta Metode Perbaikan Pada ruas jalan Slarang - Gumilar Kabupaten Cilacap, Megister Teknik Sipil Universiats Indonesia, Yogyakarta.

Ujiana, I Gede Putu Dedy; Tri Tjahjono; Ellen SW Tangkudung. 2009.Kajian Angkutan Barang Dengan Beban Muatan Berlebih di Jalan Tol Cikampek – Jatiluhur UI.9.Peraturan Pemerintah No.43. 1993.Tentang Prasarana dan Lalu-Lintas Jalan.

Utomo, 2001, Kajian Perkerasan Jalan Arteri di Kabupaten SlemanMenggunakan Cara Pavement Condition Indexs. Media Teknik No. 2 Tahun XXIII Edisi Mei 2001. No.ISSN0261-3012
Published
2021-07-04