ANALISA PENGARUH MIGRASI WARGA TRANSMIGRASI TERHADAP MASYARAKAT DESA SITUGAL KECAMATAN LOGAS TANAH DARAT

  • Andro Hesky
Keywords: Analisis, Pengaruh, Migrasi

Abstract

Desa Situgal memiliki banyak lahan kosong dan hutan yang berpotensi menjadi perkebunan  yang berada di Desa Situgal Kecamatan Logas Tanah Darat. Pada Tahun 2004 awal masuknya masyarakat ekstrans migrasi ke Desa Situgal dengan membeli lahan kosong, hutan maupun perkebunan karet yang selanjunya diolah menjadi perkebunan sawit. Pengaruh masyarakat ekstransmirasi terhadap masyarakat setempat di Desa Situgal yaitu terhadap Sosial ,Ekonomi dan Fisik Desa Situgal Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh adanya migrasi warga transmigrasi terhadap perubahan Sosial, Ekonomi dan kondisi fisik (infrastruktur) serta pola guna lahan Desa Situgal Kecamatan Logas Tanah Darat. Menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif mendeskripsikan kondisi pengaruh masyarakat ekstransmigrasi terhadap masyarakat setempat di Desa Situgal berdasarkan observasi langsung, wawancara narasumber dari instansi pemerintahan terkait dan tokoh masyarakat. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian, hasil penelitian yang didapat yaitu terindikasinya masyarakat Desa Situgal menemukan Budaya baru yang dibawa masyarakat Ekstransmigrasi, terciptanya permukiman baru, perkabunan kelapa sawit dan penambahan prasarana jalan. Namun terdapat juga pengaruh negatif dibeberapa faktor seperti lahan Desa Situgal yang terbatas ditambah lagi sudah banyak dijual kepada masyarakat ektransmigrasi sehingga sedikitnya lahan perkebunan yang dimiliki masyarakat setempat yang menyebabkan lahan perkebunan yang semakin menipis adanya kejadian tindak criminal seperti pencurian namun dari segi lapangan pekerjaan meningkat karena banyaknya lapangan pekerjaan baru

References

Abdulsyani,2012.sosiologi skematika,teori,dan terapan.jakarta:bumi aksara.

Buku catatan Perkuliahan Perencanaan Wilayah Dan Kota Universitas Islam Kuantan Singingi

Dian pratama.2013.Proposal seminar Pengaruh Tranmigrasi Terhadap Perkembangan Sosial,Budaya dan Ekonomi Masyarakat Bagelen Kecamatan Gedong Tataan 1950-2012.

Hudson et,al.1997.insfrastrukktur.Jurnal Insfrastruktur,vol. 1,No 1.1
Melly G Tan.1997.masalah perencanaan penelitian.metode penelitian masyarakat,halaman:29, disunting oleh koentjaningrat. jakarta : PT.Gramedia Pustaka Umum.

Nasir,1988.metode penelitian.alfabeta bandung.

Widyosiswoyo, S. (2002). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta:Ghalia Indonesia
Published
2021-07-04