IDENTIFIKASI TIPOLOGI BANGUNAN TRADISIONAL DI KENEGERIAN KOTO RAJO KECAMATAN KUANTAN HILIR SEBERANG KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Eka Safitri
Keywords: Tipologi bangunan, Bangunan tradisional, Kenegerian Koto Rajo

Abstract

Bangunan tradisional merupakan bangunan yang dibangun dengan cara turuntemurun dengan penggunaan material yang selaras dengan alam. Kenegerian Koto Rajo merupakan sebuah wilayah yang masih memegang teguh adat istiadat. Bangunan tradisional pada kawasan kajian mencakup berbagai macam fungsi mulai dari tempat tinggal, tempat ibadah hingga balai berkumpul. Mengidentifikasi tipologi bangunan tradisional serta mengetahui keberagaman bangunan tradisional yang berada di Kenegerian Koto Rajo merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Terdapat satu bangunan tradisional Istana Koto Rajo, enam belas rumah suku, dan empat rumah godang pada kawasan kajian, dimana pada masing-masing bangunan diidentifikasi serta di deskripsikan sesuai dengan tipologi langgam, tipologi fungsi bangunan dan tipologi geometri. Bangunan tradisional dengan beragam sejarah, bentuk dan fungsinya hendaknya dapat dipertahankan eksistensinya, hal ini merupakan salah satu bentuk menghargai warisan budaya serta pelestarian budaya yang masih ada saat ini hingga bisa dinikmati dimasa  yang akan datang.

References

A. Samad Ahmad (1986) Sulalatus Salatin (Sejarah Melayu) Publisher: Dewan Bahasa Dan Pustaka

Al-Fauzan (2007) Ghony Djunaidi (2012). Metodologi Penelitian kualitatif, JogJakarta: Ar‐Ruzz Media.

Anthony Vidler : The Third Typologi And Other Essay: Artifice Books on Architecture (June 1, 2014)

Aristoteles (Bertens, 1992, hal 166) dalam maria (2008) Hakekat Ruang Dalam Arsitektur Tradisional Sebagai Satu Bentuk Jawaban Dari Tatangan Alam.(study tentang arsitektur tradisional vernakular) Penerbit : Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Bogdan, Robert dan Taylor, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan, (Surabaya : Usaha Nasional, 1992)

Datoek Toeah (1985) Tambo Alam Minangkabau Penerbit Pustaka Indonesia Bukittinggi H.B.Dt. Linjuang Putiah.

Galih W (2012) Tipologi Nusantara Green Architecture Dalam Rangka Konservasi Dan Pengembangan Arsitektur Nusantara Bagi Perbaikan Lingkungan Binaan, ; Jurnal RUAS
Published
2021-07-04