EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DANAU SUNGAI SORIK DI KECAMATAN KUANTAN HILIR SEBERANG

  • Hengki Tarnando
Keywords: Evaluasi Proses, Evaluasi Manfaat, Evaluasi Dampak

Abstract

Desa Sungai Sorik merupakan rintisan desa wisata. Sebelumnya Desa Sungai Sorik telah terdaftar secara resmi sebagai desa wisata alam di Kabupaten Kuantan Singingi bersama dengan desa lainnya. Saat ini potensi Desa Sungai Sorik yang mengandalkan Danaunya yang luas dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Tahun 2020 ini Desa Sungai Sorik menjadi desa wisata terbaik di Kabupaten Kuantan Singingi, hal ini tentunya berkat kerja keras yang awalnya berdiri bernama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Aur Kuning. Dengan memiliki wisata alam yang sangat baik yaitu Danau. Saat ini di Desa Sungai Sorik telah terbentuk kelompok masyarakat yang sadar wisata yang menghimpun masyarakat memiliki kemauan untuk mengelola dan mengembangkan Desa Sungai Sorik menjadi desa tujuan wisata. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Aur Kuning Desa sungai Sorik berdiri pada tahun 2017. Usaha Kepala Desa, Pemerintahan Desa, Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Aur Kuning dalam mengembangkan obyek wisata Danau Sungai Sorik berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sudah cukup baik. Terdapat beberapa program yang telah dilaksanakan oleh Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Aur Kuning diantaranya program pembenahan serta rehabilitasi Taman Timbang Bunga Pengantin, Pondok Terapung, Penambahan Sepeda Air, Pembuatan Ruang Tunggu Sepeda Air, dan juga fasilitas yang ada.

References

Amin Sapto Saputro. 2016. Evaluasi Pengembangan Obyek Wisata Di Kabupaten Banyumas Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Yogyakarta.

Agnes Yuliarsi. 2014. Prioritas pengembangan Objek Wisata Air di Kawasan Rawa Pening Kabupaten Semarang. Semarang.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Aur Kuning Desa Sungai Sorik Tahun 2017.

Direktorat Jendral Pariwisata. 2016. Pengantar Pariwisata Indonesia. Jakarta

Desi Maryanti. 2017. Evaluasi Program pengembangan Destinasi Pariwisata dan Kebudayaan. Tanjung pinang.

Dody Setyawan. 2017. Efektivitas Program Pengembangan desa Wisata melalui Kelembagaan dalam Peningkatan Sumber Daya Alam (SDA).

Eko Riani. 2018. Partisipasi masyarakat dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun di Karanganyar. Yogyakarta

Hamalik. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hanief. 2018. Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi. Yogyakarta.
Published
2021-07-04