PENGARUH PENGELOLAAN JARINGAN IRIGASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KAWASAN PERTANIAN DAN PERIKANAN DI DESA KOTO PANGEAN KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Mhd. Afwan
Keywords: Pengaruh Irigasi, kawasan Pertanian, Perikanan

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggambarkan dan mengamati keadaan kawasan pertanian dan perikanan Desa Koto Pangean secara langsung, irigasi merupakan salah satu peranan penting bagi petani dan masyaarakat Sistem irigasi ini menggunakan jaringan irigasi dau pintu, sehingga kapan saja petani membutuhkan air untuk lahan pertanian dan perikanan, tinggal membuka saluran air tersebut. Pemerintah sudah memberikan fasilitas irigasi dan membangun sistem irigasi untuk dimanfaatkan oleh para petani. Manfaat saluran irigasi yang harus diketahui diantaranya adalah melancarkan aliran air ke lahan sawah, serta perianan mencukupi kebutuhan air pada kawasannya, mempermudah para petani padi sawah dan perikanan untuk mengairi lahan dan petaknya dan mengelola jaringan irigasi sebagai salah satu sarana pendukung ketahanan pangan Desa Koto Pangean. Hasil penelitian ini menggambarkan tentang pengaruh irigasi terhadap kesejahteraan para petani sudah tidak lagi kesulitan dalam mengairi lahan pertanian dan perikanan mereka karena sudah adanya sistem irigasi yang akan selalu menyalurkan sumber air yang tak pernah berhenti. Dengan adanya pengairan jaringan irigasi di Desa Koto Pangean maka dapat memberikan dampak positif terhadap perubahan pendapatan fungsional pendapatan masyarakat sehingga mempengaruhi  hasil produtivitas dalam sektor pertanian dan perikanan dalam setiap tahunnya.

References

Abowei et at, 2011. Pengelolaan Perikanan ,konsep dan teori yang di Lakukkan dalam budidaya tambak udang, Kabupaten Kulon Progo : keramba apung Indonesia.

Arif Budi Satrio Supranti, Sri Wahyuningsih, 2008. Pengaruh Luas lahan Sawah Irigasi Terhadap Produksi Beras Di indonesia.

A.T Mosher ,1968:19. Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati : Analis kebijakan pertanian Jakarta.

Adismita, 2011:21. Istilah pengelolaan dalam manajemen, kebutuhan air terhadap kebutuhan pangan , kecamatan korongmojo : Yogyakarta.

Erman Mawardi ,2007 :05. Irigasi Adalah Usaha Untuk Memperoleh Air Yang menggunakan Bangunan Saluran buatan.

Memed dan Mawardi, 2004. Irigasi merupakan sarana untuk keperluan pertanian dan perikanan,Jurnal Kecamatan Lombok Timur : Jakarta.

Undang- undang Nomor 07:2004. Tentang Sumber Daya Air, Dan Peraturan.

Peraturan Pemerintah Nomor 77:2001, Tentang Pengelolaan Jaringan Irigasi.
Published
2021-07-04