KAJIAN ANALISIS PERTUMBUHAN PENDUDUK BWK I KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Rosi Susita
Keywords: Kependudukan, Fertilitas, Mortalitas, Migrasi

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan Pertumbuhan Penduduk di BWK I Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, metode yang digunakan dengan studi pustaka dan kajian literatur. Hasil penulisan menunjukkan bahwa masalah utama yang dihadapi di bidang kependudukan di Kecamatan Kuantan Tengah adalah masih bervariasinya pertumbuhan penduduk dan kurang seimbangnya penyebaran dan struktur umur penduduk. Program Secara terus-menerus penduduk akan dipengaruhi oleh jumlah bayi yang lahir (menambah jumlah penduduk), tetapi secara bersamaan akan dikurangi oleh jumlah kematian yang terjadi pada semua golongan umur. Sementara itu migrasi juga berperan imigran (pendatang) akan menambah dan emigran akan mengurangi jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk adalah salah satu indikator yang paling sering digunakan untuk menggambarkan kondisi kependudukan di daerah, tidak hanya pada saat ini saja tetapi juga untuk melihat kecenderungannya pada masa yang akan datang. Evaluasi dan langkah yang diambil guna mengatasi masalah pertumbuhan kependudukan dalam setiap daerah sebenarnya telah sering terdengar, Hal ini tersebut, dapat dilihat dari aspek sosial dan ekonomi.

References

BPS, 1983, "Perpindahan Penduduk Indonesia Berdasarkan Hasil SP80", Biro Pusat Statistik, Jakarta.

BPS, 1984, "Analisa Migrasi Indonesia Berdasarkan Data SP71 dan SP80", Biro Pusat Statistik, Jakarta.

BPS, 2001, ”Estimasi Fertilitas, Mortalitas dan Migrasi Hasil Sensus Penduduk Tahun 2000”.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Semarang: Universitas Dipenegoro, 2011.

Goldscheider, Populasi, Modernisasi, dan Struktur Sosial. Jakarta: Rajawali Press: 1985.

Kecamatan Kuantan Tengah Dalam Angka, 2016

Munir, Rozy dan Budiarto, Teori-Teori Kependudukan, Jakarta: Bina Aksara: 1986.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2014. Saifudin, Azwar. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2001.

Profil Perkembangan Kependudukan tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sitorus, Jansen. 2004. Analisis Pola Spasial Penggunaan Lahan dan Suburbanisasi di Kawasan Jabotabek Periode 1992-2000. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.
Published
2021-07-04