APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT HALLO BUPATI BERBASIS WEB DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Arrond Febrinal Yondra
Keywords: Pengaduan, Masyarakat, Bupati

Abstract

Selama ini proses aduan oleh masyarakat terhadap kantor pelayanan publik kususnya di Pemerintah Kabupaten Kuantan singingi masih belum tertata dengan rapi, bahkan aduan dari masyarakat jarang yang ditindak lanjuti oleh dinas terkait. Masyarakat saat ini hanya melakukan pengaduan atau keluhan menggunakan fasilitas Call Center, emaildan kotak saran dengan mengisi formulir yang disediakan, namun masyarakat tidak tahu sejauh mana proses pengaduannya ditanggapi, mereka tidak tahu apakah pengaduan atau keluhan yang mereka adukan sampai ke pihak yang berhubungan atau tidak, Menyingkapi kelemahan yang ada maka perlu dibangun sebuah aplikasi yang mampu mengkoordinasi dan mengontrol alur dari aduan masyarakat yaitu  Aplikasi Pengaduan Masyarakat Hallo Bupati Berbasis Web di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi yang diharapkan dapat menciptakanGood governance (tata pemerintahan yang baik)  maka kualitas pelayanan publik menjadi semakin baik, angka korupsi menjadi semakin rendah, dan pemerintah menjadi semakin peduli dengan kepentingan warga. Aplikasi ini belum dilengkapi dengan adanya chat langsung dengan admin (pejabat pemerintahan), informasi terkini atau rencana pembagunan yang akan di lakukan.

References

Anonim1), Undang-undang No 29 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penanganan pengaduan Masyarakat di Lingkungan Kementrian Perindustrian.

Baedhowi1). 2001. Studi Kasus dalam Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. oleh Salim, Agus (ed.). Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Cendikia1), Ilham2), dkk. 2007. Implementasi Mekanisme Komplain Terhadap Pelayanan Publik Berbasis Partisipasi Masyarakat. Jakarta: PATTIRO dan ACCESS.

Dwiyanto1), Agus2). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajahmada Universiti Press.

Ekalaya Bayu Putra1), Dias Muhamad Ichsan2), Elidjen3). Aplikasi dan Perancangan Sistem Pengaduan Masyarakat Terhadap Pemkab Merangin Berbasis Web.

Erwin1). Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Kuantan Singingi

Fajar masa1), 2012. Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat Pada Divisi Humas Polri Berbasis Web.
Published
2021-07-04