SISTEM PAKAR MASALAH KULIT UNTUK PENENTUAN KETEPATAN PERAWATAN WAJAH BERMINYAK DENGAN METODE FORWARD CHAINING

  • Aseprianto Aseprianto
Keywords: System Pendukung Keputusan, Layanan, Kecantikan Perawatan Wajah, Web

Abstract

Kecantikan wajah adalah hal yang penting bagi kaum wanita khususnya dan pria. Kulit wajah yang sehat dan cantik, kecantikan berhubungan dengan penampilan yang dapat dilihat dan dinilai oleh orang lain. Dr. Dian Clinik merupakan salah satu Clinik kecantikan di daerah Teluk Kuantan.Yang menyediakan jasa berupa, perawatan wajah mulaidari wajah berminyak facial microdermabrasi, folishing peel,sulam wajah, lulur lufra, message + lulur, message, bleaching body, facial akupuntur, sliming komplit dan lain-lain, pada saat Dr. Dian Clinik member usulan kepada para pelanggan tentang pilihan treatment yang akan digunakan, permasalahanyang sering timbul adalah pelanggan atau pasien kurang yakin atau merasa ragu dengan treatment yang akan dilakukan pihak Dr. Dian Clinik. Penggumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, wawancaradan kuisioner oleh karena itu dibangunlah sebuah program aplikasi pendukung keputusan layanan pelanggan kecantikan menggunakan metode Forward Chaining. Dengan metode Forward Chaining dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif terbaik untuk meyakinkan keputusan pelanggan.

References

Doto1), Dwi 2),. 2010. Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Kulit dan Pengobatannya Menggunakan Metode Certainty Factor. Yogyakarta : Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM.

Mukhoyyaroh1), Titi2),. 2006. Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit pada Pencernaan Manusia. Jakarta : Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nugroho1), Bunafit2), 2014. Aplikasi Sistem Pakar dengan PHP dan Editor Dreamweaver. Yogyakarta : Gava Media.

Putra1), Firmansyah2), 2011. Perancangan Sistem Pakar Identifikasi Penyakit ParuParu Menggunakan Metode Forward chaining. Jakarta : Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Syatibi1), Ahmad2), 2012. Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Sapi Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Semarang : Program Studi Magister Sistem Informasi, Universitas Diponegoro.
Published
2021-07-04