RANCANGAN APLIKASI PEMANTAUAN PASIEN ODP UNTUK MEMBANTU PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR COVID-19

  • Danel Winata
Keywords: Pemantauan ODP, Covid 19, SIG, Berbasis Web

Abstract

Kasus penyakit yang melanda di seluruh dunia saat ini adalah Covid-19. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi pemantauan penyakit menular dan membantu menganalisa kondisi suatu daerah terhadap penyakit untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan untuk menangani penyakit. Keberadaan SIG diharapkan mampu memberikan gambaran pemantauan pemantauan pasien ODP ini dibutuhkan data kasus ODP Kabupaten Kuantan Singingi. Rancangan Aplikasi Pemantauan ini dimulai dengan pengumpulan data, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan program menggunakan Software Xampp untuk server local dan basis data MYSQL  dengan fitur phpMyadmin di dalamnya, Note++ untuk proses pembuatan kode program, integrasi basis data dengan Google Maps API. Hasil akhir Rancangan Aplikasi ODP di Kabupaten Kuantan Singingi. Untuk mengahasilkan aplikasi Pemantauan Pasieon ODP ini berhasil menampilkan informasi pemantauan yang detail sehingga mempermudah masyarakat dalam mencari infromasi mengenai ODP agar meningkatkan kewaspadaan bersama mengenai bahaya penyebaran penyakit menular Covid 19.

References

“Gugus Tugas Pencepatan penanganan COVID-19”. 2019. 16 Mei 2020. https://covid19.go.id/

“WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard”. 2019. 16 Mei 2020. https://covid19.who.int/

Ardian Deni,Dwi Larasati Pramitha, Irawan Ari. (2018) “Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Java Netbeans dan MySQL Pada Perusahaan Dean’s Car Rent”J.Applied Information System and Management, 1(1),35-44

Erlina Burhan, Fathiyah Isbaniah, Agus Dwi Susanto , Tjandra Yoga Aditama, Soedarsono, Teguh Rahayu Sartono, Yani Jane Sugiri, Rezki Tantular, Bintang YM Sinaga, R.R Diah Handayani, Heidy Agustin. PNEUMONIA COVID-19 DIAGNOSIS & PENATALAKSANAAN DI INDONESIA. Jakarta: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.2020:1-58.

F. T. Wibowo, I. P. N. Purnama, and B. Pramono, (2016) “Sistem informasi alumni berbasis gis (studi kasus:fakultas teknik universitas halu oleo),” Seman TIK, 2(2), 37–46.

Jaenudin Ahmad, Wahtuningtias Dwi, Pamungkas Petrus dwi ananto, (2016)”Sitem Pemantauan Dan Pemeliharaan Perangkat Teknologi Informasi Berbasis Web Pada Departemen IT PT Denso Indonesia Bekasi” J.Mahasiswa Bina Insasi, 1(1), 119-134.

M. R. Julianti, A. Budiman, and A. Patriosa, (2018) “Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Apotek di Wilayah Kota Bogor Berbasis Web,” J. Sisfotek Glob.8(1), 13–19.
Published
2021-07-04