SISTEM GARIS FINISH PACU JALUR MENGGUNAKAN SENSOR CAHAYA DAN LASER BERBASIS ARDUINO UNO

  • Ego Oktafanda
Keywords: Garis Finish, Garis Runway, Web, Aplikasi Desktop, Arduino Uno

Abstract

Saat ini jalur finis landasan pacu dilengkapi dengan monitor garis tenol untuk mendukung keputusan dewan juri untuk memutuskan kemenangan suatu rute. Dengan sistem ini masih terdapat beberapa permasalahan salah satunya adalah lambatnya juri dalam menentukan pemenang dikarenakan rekaman video yang tidak jelas sehingga harus memutar video tersebut berulang kali untuk memastikan pemenangnya, Masalah lain yang menyulitkan penonton untuk melihat pemenang di setiap hilir jalur datang terlambat ke arena pacuan kuda tidak melihat mana yang menang. Dari permasalahan tersebut penulis membuat sistem garis finish berbasis sensor dengan mikrokontroler Arduino Uno. Sistem ini dibuat agar para juri lebih terbantu dalam menentukan keputusan pemenang suatu trayek dan masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi lintasan yang sedang berjalan dan dokumentasi lintasan.

References

Antonio. donzilio, “rancang bangun aplikasi keamanan brankas berbasis sinar laser dengan mikrokontroller arduino nano dan uno r3”, j.sisfokom..vol. 2, 12-13, sep 2013.

Cc.c. geraldin, “sistem informasi geografis distribusi praktek kerja nyata mahasiswa berbasis web (studi kasus prodi teknik informatika universitas islam kuantan singingi)”. teluk kuantan: universitas islam kuantan singingi, 2019

Hidayat, s., rifai, z., & pramono, a. (. prototype sensor penghitung waktu berbasis mikrokontroler atmega 328 pada balap motor drag bike. 2018: amikom purwokerto, 2018.

Hidayat. rahmat, dkk., “alat pengukur kecepatan lari berbasis mikrokontroler”, jurnal barometer, vol. 3, 167-173, 2019.

J.s. steven, dkk, “trainer periferal antarmuka berbasis mikrokontroler arduino uno”, jurnal sisfokom, vol.02, no. 02, september 2016.

Sulistri, e., & masturi. (2013). analisis interferensi cahaya laser terhambur menggunakan cermin datar “berdebu” untuk menentukan indeks bias kaca. jurnal fisika. vol.3(1), 1-5

W. yahya, “prototype teknologi garis start dan finish berbantuan light dependent resistor dan laser berbasis arduino uno r3”. j.informa, vol. 4,no. 3, hal. 58, 2018.
Published
2021-07-04