SISTEM MONITORING AIR LAYAK KONSUMSI BERBASIS ARDUINO UNO

  • Enda Sartika Putri
Keywords: Air Layak Konsumsi, Sistem Monitoring, Arduino

Abstract

Sistem Monitoring Air Layak Konsumsi Berbasis Arduino dengan Studi Kasus,Pamsimas Desa Muaro Tombang Kec. Kuantan Muduk Kab. Kuantan Singingi untuk mengetahui nilai pH pada bak penampungan air dengan menggunakan sensor pH air yang akan ditampilkan pada LCD dan untuk memonitoring menggunakan module 800l untuk mengirimkan pesan ke petugas berupa grafik apabila nilai pH yang terbaca ke sensor pH air adalah pH ≥ 6,5 dan ≤ 8,5 maka dapat dinyatakan air dalam kondisi normal sedangkan  jika sensor membaca pH  < 6,5 dan pH > 8,5  maka pH air tidak normal. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu sistem yang dapat  memudahkan pekerjaan manusia khususnya pada petugas Pamsimas Desa Muaro Tombang Kec. Kuantan Mudik Kab. Kuantan Singingi.

References

Abbas, Abdul Malik "Sudah 2 BuUSB Air PDAM Gowa Tidak USBcar" : http://makassar.tribunnews.com/2014/02/11/sudah-2-buUSB-air-pdam-gowatidak-USBcar, (6 Januari 2016).

Ardiansyah, “Sistem Monitoring Air Layak Konsumsi Berbasis Arduino” Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, 2016.

Fauzi Amani, Dkk, 2016., Alat Ukur Kualitas Air Minum Dengan Parameter Ph, Suhu, Tingkat Kekeruhan, Dan Jumlah Padatan Terlarut, JETri, Volume 14, Nomor 1, Agustus 2016.

Hartas,H. “Pendeteksian Keasaman dan Kebasaan Pada Pembuburan Kertas Dengan Menggunakan pH Meter Pada Proses Bleaching (Pemutihan)”. Universitas Sumatera Utara, 2010.

Nugraha, Ginanjar Indra Kusuma. “Air Layak Konsumsi (Pure Water)” http://www.kompasiana.com/ginanjarindrakusumanugraha/air-layakkonsumsi-pure-water-1st-page_54f6bfbda33311275e8b479e.(19 Januari 2016).

Rismawan, Tedy "Rancang Bangun Sistem Monitoring Volume Dan Pengisian Air Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Avr Atmega8 ". Skripsi.Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Mipa Universitas Tanjungpura, 2015.

Sukamto, “Monitoring Perbandingan Kualitas Air Danau dan PDAM Menggunakan Sensor Turbidity, pH, dan Suhu berbasis Web”, Jurnal JEECAE, Vol.1 No.1.2016.

Sulfikar, Aan "Sistem Pendeteksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Berbasis Mikrokontroler". Skripsi.Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknilogi Universitas Islam Negri Makassar, 2013.

Wahjono, Heru Dwi “Pengembangan Sistem Pemantauan Kualitas Air Bersih Realtime Berbasis Open Source Software”.Skripsi. Jakarta: Pusat Teknologi Lingkungan Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi, 2012.
Published
2021-07-04