SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENDATAAN JALAN BERBASIS WEB DI WILAYAH KUANTAN SINGINGI (STUDI KASUS DINAS PUPR KUANTAN SINGINGI)

  • Fadilla Tul Husna
Keywords: Sistem Informasi Geografis, HTML, Web

Abstract

Sistem Informasi Geografis merupakan sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan spasial dan maupun mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karateristik-karateristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel. Web server merupakan sebuah bentuk server yang khusus digunakan untuk menyimpan halaman website atau homepage. HTML adalah kepanjangan dari HyperText Markup Language, merupakan bahasa interpretasi yang digunakan pada sebuah halaman web. HTML mendeskripsikan struktur halaman web yang ditulis dengan element atau tag yang yang mengapit konten atau teks didalamnya. HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman pada umumnya, seperti Java, C, C++, visual basic dan sejenisnya, melainkan bahasa markup / markah yang ditulis dengan perintah tag-tag atau element yang menaungi (mengapit) konten didalamnya yang akan ditampilkan pada sebuah halaman web oleh browser atau HTML interpreter (penerjemah HTML) lainnya.

References

A. Dahlan, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Siswa Smp Islam Swasta Darul Yatama Berbasis Web,” SJIF – Scientific Journal Impact Factor (2012) (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 4, no. 1, p. 20, 2012.

Admin. 2008. Apache Web Server. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Anonim. 2011. Xampp. (http://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP, diakses tanggal 17 Maret 2011, jam 00:30)

Gregorius, Agung. “ Buku Pintar HTML5 + CSS3 + DreamWeaver CS6 ” Penerbit : Jubilee Enterprise. Yogyakarta, 13 September 2012.

Handayani Luh, Plarsa. I, and Wibawa. Kadek, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jalan Desa Berbasis Web,” Univ Udayana, vol. 8, no. 2, pp. 1–10, 2016.

M. R. Julianti, A. Budiman, and A. Patriosa, “Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Apotek di Wilayah Kota Bogor Berbasis Web,” J. Sisfotek Glob., vol. 8, no. 1, pp. 13–19, 2018.

Puspitosari, Heni A. “ Pemrograman Web Database dengan PHP dan MySQL Tingkat Lanjut ”. Penerbit : Skripta. Malang, Juli 2010.
Published
2021-07-04